Sumpit Merah: Enaknya Makan Angsio Tahu dan Buncis Telur Asin Setelah Berbelanja

Maya Safira - detikFood Rabu, 23 Nov 2016 12:00 WIB
Foto: Maya Safira/detikFood
Jakarta - Lelah selepas belanja, enaknya jajan makanan enak. Di Thamrin City, ada restoran China yang menyajikan buncis telur asin hingga angsio tahu gurih.

Sudah lama tidak mampir ke Thamrin City, ternyata restoran di sana makin bertambah banyak. Bosan dengan resto yang biasa kami kunjungi, kamipun mencari tempat makan lain.

Ada restoran China "Sumpit Merah" yang menarik perhatian. Pada lembar promosinya terdapat klaim "halal", meski tidak kami temui cap halal resmi.

Lokasinya agak menyempil. Terletak di bagian belakang Domino's Pizza. Meski begitu, restoran di pojok itu berukuran cukup luas.

Tampilan Sumpit Merah juga terlihat modern minimalis. Meja kayu cokelat muda berpadu dengan kursi-kursi putih. Nampak rapi dan bersih. Lantai dan atap hitam memberi sentuhan maskulin pada interior restoran. Tidak ada dekorasi yang menunjukkan ini merupakan resto makanan China.

Untuk makanannya, terdapat olahan sapi, ayam, seafood, mie, nasi, maupun sayuran. Misalnya saja Lumpia Salad Seafood, Bistik Sapi Saus Madu, Ayam Kungpao, Udang Goreng Sereal, Kailan 2 Rasa, Mie Goreng Ulang Tahun dan masih banyak lagi.

Kamipun memilih 3 menu yang cukup populer di sana. Antara lain Angsio Tahu Spesial (Rp 37.000), Ayam Goreng Cabe Kering (Rp 35.000) dan Buncis Telur Asin (Rp 35.000).

Menu yang pertama datang justru Ayam Goreng Cabe Kering. Dalam sebuah piring putih, ada fillet ayam goreng tepung. Permukaannya diberi cabai rawit yang digoreng. Irisan mentimun jadi garnish pada piring saji.

SSumpit Merah: Enaknya Makan Angsio Tahu dan Buncis Telur Asin Setelah BerbelanjaFoto: Maya Safira/detikFood
Sajian berporsi tak besar ini cukup meleset dari perkiraan kami. Tadinya kami pikir ayam goreng diberi irisan cabai rawit dan mungkin bumbu lainnya. Ternyata beberapa cabai rawit utuh ditempatkan di sana.

Tekstur ayamnya sendiri lembut, sepertinya tidak memakai bagian daging paha sehingga lebih juicy. Adonan tepung terasa renyah sedikit lembab. Rasa gurih ringan semburat bawang putih cukup tercecap.

Bila ingin makin enak, perlu menggigit cabai goreng. Supaya ada tambahan rasa pedas. Menu ini tidak begitu istimewa bagi kami. Tetapi cukup untuk menemani makan nasi.

Menu selanjutnya berupa Angsio Tahu Spesial. Ada empat potong potongan persegi egg tofu yang disajikan panas. Di bagian permukaannnya ada tempelan cincangan sayur hijau. Mirip rumput laut.

SSumpit Merah: Enaknya Makan Angsio Tahu dan Buncis Telur Asin Setelah BerbelanjaFoto: Maya Safira/detikFood
Kemudian angsio diberi kuah kental kecokelatan. Dipadukan dengan irisan jamur champignon, shimeji dan kailan.

Tahu terasa begitu lembut dengan permukaan garing sisa penggorengan. Sayur kailan juga renyah dan jamurnya kenyal. Sementara saus angsio tahu rasanya gurih dengan jejak saus tiram kuat dan bawang putih. Enak disantap panas-panas!

Buncis Telur Asin jadi menu terakhir kami. Pramusaji mengatakan menu ini jadi andalan restoran. Irisan buncis goreng ternyata diberi balutan tepung. Kemudian ada saus telur asin yang agak kental melekat pada tepung.

SSumpit Merah: Enaknya Makan Angsio Tahu dan Buncis Telur Asin Setelah BerbelanjaFoto: Maya Safira/detikFood
Tekstur buncisnya terasa krenyes renyah. Namun bagian yang terkena saus jadi agak lembab. Mengenai rasa sausnya sendiri cukup gurih namun sedikit manis bagi kami. Cocok dimakan begitu saja dengan nasi putih.

Sumpit Merah juga punya menu dimsum yang bisa dicoba. Seperti Hakau, Bapau Pasir Emas, Lo Mai Kai, Kuotie hingga Cheong Fan Ayam. Karena sudah kenyang, kami mungkin akan menyantapnya di lain waktu.

Sedangkan untuk dessert, pilihannya tidak banyak. Diantaranya ada Pancake Tausa, Ronde dengan Jahe Hangat dan Lumpia Durian (musiman).

Jika sedang berada di Thamrin City dan ingin menyantap makanan China, Sumpit Merah bisa jadi pilihan. Apalagi sedang ada promo diskon 20% untuk minimal pemesanan Rp 100.000 menu a la carte dan dimsum (tidak termasuk nasi, minum dan dessert).

Sumpit Merah
Thamrin City Lt. Dasar BT 07C
Thamrin Terrace
(belakang Domino's Pizza/Burger King)
Jl. Thamrin Boulevard
Jakarta Pusat
Telp: (021) 2962-5820


(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com