Harlequin Bistro: Menikmati Ikan Goreng dengan Sambal Jambal di Kafe yang Ramah Anak

Maya Safira - detikFood Selasa, 18 Okt 2016 10:58 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Restoran ini menawarkan suasana nyaman yang ramah anak. Ada nasi komplet dengan ikan tenggiri atau hamburg berpelengkap kentang.

Di kawasan Kemang, ada restoran baru yang cukup jadi perbincangan. Harlequin Bistro menawarkan suasana nyaman seperti kebanyakan kafe. Namun keunikannya terletak pada playground di area luar ruang makan yang bisa jadi tempat anak-anak bermain.

Restoran terletak tak begitu jauh dari Food Garden Kemang. Dari luar tampak ukurannya tidak terlalu besar dengan tempat parkir mini. Namun ketika masuk ke dalam, ternyata restoran luas. Ada area dining di depan, tengah dan samping yang berdekatan dengan playground.

Interior restoran tampak minimalis yang didominasi pemakaian warna putih dan hitam. Sentuhan feminin tak ketinggalan melalui penggunaan dekorasi bunga. Kesan klasik elegan juga terasa dan diperkuat dengan chandelier yang menggantung di langit-langit restoran.

Harlequin Bistro: Menikmati Ikan Goreng dengan Sambal Jambal di Kafe yang Ramah AnakFoto: detikFood

Sementara pada tempat bermain anak di area luar, terdapat sebuah perahu besar. Anak-anak pun bisa leluasa bermain di sana.

Mengenai menunya, restoran menawarkan menu Barat dan Asia. Seperti Egg Mayo Beignet, Club Sandwich, Fish & Chips, Pasta, Buttermilk Fried Chicken, Steak, Slider, dan Roasted Chicken dalam jejeran makanan Barat. Menu Asia diantaranya ada Turmeric Chicken with Sambal Oncom, Fish Pempek, Classic Oriental Porridge, Oriental Moo Rice hingga Bakmie. Kebanyakan pilihan makanan di Harlequin Bistro juga bisa dinikmati si kecil.

Kami memilih Mackerel Fish with Sambal Jambal (Rp 46.000) dan Harlequin Hamburg Steak (Rp 78.000) untuk mewakili menu Asia sekaligus Barat. Perlu menunggu sedikit lama sampai kedua hidangan tiba di meja.

Setelah beberapa saat, sepiring Mackerel Fish with Sambal Jambal tiba di hadapan kami. Menurut staf restoran, hidangan bergaya rumahan ini memakai ikan tenggiri.

Terlihat sepotong fillet ikan tenggiri yang digoreng kecokelatan lengkap dengan nasi bertabur bawang goreng. Pelengkapnya ada sambal jambal dan telur mata sapi. Sajian dipercantik garnish irisan mentimun, tomat dan daun selada.

Harlequin Bistro: Menikmati Ikan Goreng dengan Sambal Jambal di Kafe yang Ramah AnakFoto: detikFood

Sepotong fillet ikan tenggiri punya tekstur bagian dalam lembut. Permukaannya renyah sisa proses penggorengan.

Bumbu ikan terasa meresap hingga ke daging ikan, tanpa menyisakan bau amis. Rasa bumbunya yang kekuningan, mirip dengan bumbu ungkep ayam. Seperti ada paduan kunyit, bawang putih, dan bawang merah pada marinasi ikan.

Sayangnya garam nampak berlebihan digunakan pada ikan. Jadi terasa gurih keasinan yang perlu ditutupi dengan nasi.

Pelengkap sambal jambalnya berisi irisan cabe merah, cabe hijau dan potongan kecil ikan asin jambal roti. Rasanya gurih dengan cecapan bawang putih dan bawang merah. Tak pedas di lidah kami.

Hidangan ini cukup enak saat ikan disantap bersamaan dengan telur, sambal jambal dan nasi. Mengingatkan citarasa masakan rumah. Kekurangannya pada rasa ikan goreng yang asin bagi kami.

Hamburg jadi santapan selanjutnya. Dalam piring hitam, terdapat hamburg steak berukuran agak tebal dengan pelengkap saus kecokelatan, kentang goreng, dan salad.

Harlequin Bistro: Menikmati Ikan Goreng dengan Sambal Jambal di Kafe yang Ramah AnakFoto: detikFood

Terlihat jejak karamelisasi hitam bekas panggangan pada permukaan beef patty berukuran 180 gr itu. Sebab sajian diolah menggunakan teknik pan searing.

Hamburg dari daging cincang ini punya rasa gurih manis dengan jejak herba khas Barat. Aroma pemakaian herba cukup terasa saat daging dikunyah.

Namun tekstur patty bagi kami agak kering, sedikit padat dan kurang juicy. Meski bagian tengah patty masih berwarna agak merah muda.

Gravy-nya sendiri terasa gurih creamy dengan dominasi rasa krim atau susu. Nampaknya diberi kaldu untuk meningkatkan citarasa brown sauce ini.

Kekurangannya adalah saus kurang licin mulus. Muncul penggumpalan seperti sisa pemakaian tepung. Tapi masih cukup enak saat disantap bersama daging.

Kami cukup menyukai kentang goreng dan salad pendampingnya. Kentang terasa empuk gurih dengan taburan peterseli kering. Sementara salad dari daun selada dan irisan tomat memakai dressing yang asam segar lemon. Cocok menyeimbangi rasa daging dan gravy.

Selain makanan berat, Harlequin Bistro punya sederet menu penutup manis. Termasuk Powder Snow Beignet, Cheese Blondie, Salted Caramel Banana Cake dan French Toast.

Jika belum ada tujuan untuk makan bersama anak? Mungkin restoran ini bisa jadi pilihan.



Harlequin Bistro

Jl. Kemang I No. 10A
Kemang
Jakarta Selatan
Telp: 021-22707276
Instagram: @harlequinbistrokemang

(adr/odi)