Bebek Malio: Aduh Sedapnya, Nasi Tempong Plus Bebek Sambal Pencit!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 25 Mei 2016 12:18 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Mau makan kenyang siang ini? Bebek goreng di tempat ini bisa jadi pilihan. Begornya empuk lembut dengan paduan sambal mangga muda yang menyengat dan asam. Sedap!

Varian bebek goreng atau begor sangat banyak. Meski aslinya sajian ini berasal dari Jawa Timur. Salah satunya bebek goreng di rumah makan yang berada di kawasan Tebet ini. Cocok untuk penyuka nasi dan sambal pedas.

Suasana rumah makan ini agak gelap. Karena baik dinding, meja dan kursi kayu berpelitur mendominasi semua bagian ruangan. Seperti layaknya rumah makan di Jawa. Pada beberapa bagian dinding juga dihiasi lukisan dengan sentuhan Indonesia.

Di rumah makan ini sajian bebek dan ayam goreng jadi andalan. Tapi Anda juga bisa mencicip aneka pelengkap sayuran mulai dari terong goreng, sayur asem, tumis tauge, tumis kol hingga pete goreng.

Terkenal dengan sebutan 'Spesialis Bumbu Ijo', bebek di sini disajikan agak berbeda. Kami ingin membuktikan kesedapan begor di sini dengan memesan seporsi bebek goreng sambal pencit (Rp 28.000) dan juga nasi tempong bebek (Rp 36.000).

Bebek goreng bagian dada disajikan lengkap dengan nasi dan sambal di atas piring rotan beralas daun pisang. Ukurannya cukup besar, dengan warna cokelat keemasan lengkap dengan taburan kremes di atasnya.

Saat menyobek daging bebek, pada bagian luarnya terasa renyah akan tetapi pada bagian dalamnya empuk sempurna. Dagingnya tebal dan terdapat sedikit lemak bebek di kulitnya. Dicocol dengan sambal pencit atau mangga muda yang pedas asam, rasanya jadi enak.
Bumbu hijau yang dijadikan pelengkap juga menarik Bumbu ijo terbuat dari campuran beragam rempah-rempah dan menghasilkan semburat pedas gurih bergaya Madura. Selain pedas juga ada semburat bumbu kare yang enak.

Buat penyuka pedas, ada juga dua jenis sambal yang wajib dicoba. Sambal merahnya memiliki rasa yang pedas menyengat. Sambal berwarna oranye kemerahan kami coba dengan nasi hangat. Begitu terkenal lidah, langsung terasa sengatan sambal yang dahsyat.

Rasanya gurih, dengan jejak rasa bawang yang ringan. Sedangkan sambal pencitnya membuat rasa sajian ini memiliki citarasa asam segar. Cincangan mangga muda yang asam ditambah cabai, cocok untuk disantap dengan bebek plus lalapan segar. Hmm, sedapnya!

Masih dengan gaya Jawa Timur, menu nasi tempong khas Banyuwangi juga tak kalah sedap. Menu nasi tempong bebek ternyata tersaji komplet. Selain bebek goreng, ada irisan tipis tahu goreng, ikan asin dan juga lalapan rebus berupa potongan labu siam dan bayam rebus.
Bebek goreng yang ada pada nasi tempong disajikan tanpa kremes. Sedangkan sambalnya merupakan sambal campuran antara cabai dan juga tomat. Ditambah dengan kucuran air jeruk limau yang menyegarkan.

Tumis kangkung (Rp 14.000) bisa menambah asiknya makan bebek goreng. Kangkungnya berwarna hijau segar bertekstur renyah. Bumbunya berupa irisan bawang putih dan juga cabai merah. Renyah dan gurih sedap!
Sengatan pedas sambal membuat keringat bercucuran. Untuk meredakannya, kami memesan es kelapa dan juga es selasih yang segar. Wah, mantap mengenyangkan!

Bagi Anda yang malas keluar rumah, juga bisa memesan via telepon. Karena Bebek Malio punya layanan pesan antar bagi Anda yang berkantor atau tinggal di wilayah Tebet dan sekitarnya.

Bebek Malio
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 117
Tebet, Jakarta Selatan
Telp: (021) 83789212 (lus/odi)