Laksa Sari: Laksa Gaya Betawi dengan Tambahan Ebi yang Gurih Wangi

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Feb 2016 11:48 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Seporsi laksa dan asinan bisa jadi ​menu ​santap siang segar. Laksa dengan​ isian komplet disiram ​kua​h​ ​beraroma ebi ​dijamin bikin Anda ketagihan!

Tangerang terkenal akan laksanya. Tapi jika ingin mencicip laksa yang enak, Anda harus datang ke sentra laksa yang berada di ​kawasan Jl. Moh. Yamin. Laksanya dijual dalam pikulan dengan beragam pilihan isi.

Berjalan-jalan di kawasan Benteng 8, Tangerang Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai jenis kuliner enak. ​Dari nasi ulam encim Sukaria, bakmi hingga es campur Kode.​

Tempatnya sederhana​ dan mudah dikenali karena banner merah menyala. ​Pada bagian depan, terdapat gerobak dan dapur kecil yang digunakan sebagai tempat pengolahan asinan dan laksa.

Foto: detikFood

Terkenal dengan laksa dan asinan Betawi yang juara kamipun langsung memesannya. ​Laksa racikan bu Sari ini sudah banyak dibicarakan orang. Konon karena tak mengikuti gaya laksa Tangerang yang kondang.​

​​Laksa Bihun (Rp 22.000) t​ampil sangat meriah. Mangkuknya penuh dengan isian laksa, suwiran daging ayam, telur ayam, potongan lontong dan bihun. Taburan bawang goreng, ebi halus dan kemangi. Wah, bau gurihnya benar-benar menggelitik hidung​​!

Yang menarik, kuahnya berwarna merah oranye, dengan semburat kuning, tidak telalu kental​. Rasanya gurih ringan dengan aksen kuat aroma udang dan ebi. Ini karena Sari menambahkan ebi pada kuah dan taburannya.

Foto: detikFood

​Tampilan laksa bihun ini selintas mirip laksa Betawi tetapi tambahan udang dan kuah yang ringan membuat laksa bihun ini justru unik. ​

​Isian laksanya juga memuaskan rasanya, tahu, bihun dan lontongnya lembut. Apalagi di dalam kuahnya ada potongan wortel yang manis dan daging ayam yang lembut.

Selain gurih, aroma wangi juga datang dari daun kemangi segar. Semakin enak disantap dengan emping yang renyah​, sedikit sambal dan air jeruk. Meski sederhana laksa bihun ini memuaskan. Ada aksen segar tanpa gurih berlebihan!​

Asinan Sayuran (Rp 18.000) khas Betawi​ yang diracik langsung juga menarik selera kami.​ Asinan Betawinya dibuat dengan paduan bumbu kacang yang kental dan gurih.

Potongan sawi asin, kol, timun wortel dan tauge yang renyah disajikan dalam piring berwarna putih. Uniknya, asinan sayuran buatan Sari ini ditambahkan dengan potongan kentang rebus yang lembut.

Foto: detikFood

Semua isiannya disiram dengan bumbu kacang kental yang gurih, manis dengan semburat asam ringan. Kacang goreng yang ​digerus halus memberi aksen renyah yang enak. ​​Ditambah kerupuk mie, asinan yang disiram bumbu dengan royal ini terasa segar hingga suapan terakhir.​

Puas menyantap sajian gurih, Anda juga bisa sekaligus memesan aneka minuman dingin di Es Kode yang ada di depan Rumah Makan Laksa Sari ini. Semangkuk es berisi kelapa muda alpukat (Rp 10.000) yang lembut sangat nikmat disantap dengan serutan es plus susu kental manis yang segar dingin.

Foto: detikFood

Selain laksa bihun dan asinan sayur, Anda juga bisa mencicip menu lain yang tak kalah lezat. Ada Mie Kangkung, Nasi Goreng Kunyit, Bihun Goreng dan Nasi Goreng 1/2 Gila. Yuk, mampir!

Laksa Sari
Jl. KH. Soleh Ali No. 28 RT. 005/09
Kapling, Tangerang
Telp: (021) 5524612 / 0811944597
Buka: 09.00 - 17.00 WIB

(lus/odi)