Mas Sem-Lo: Gurih Sedap Nasi Kuning dan Lontong Cap Go Meh Kompromi Semarang Solo

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 29 Jan 2016 12:31 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kangen dengan sajian tradisional Semarang dan Solo? Datang saja ke sini. Nasi Kuning beraroma gurih dengan 7 macam lauk komplet, Lontong Cap Go Meh yang gurih manis serta Petis Kangkung jadi sajian yang wajib di cicip​. ​

Sedang berada di kawasan Kota Tangerang, kami tak sulit mencari tempat makan yang enak. Berdekatan dengan gado-gado Yenny, warung Semlo bisa jadi tujuan Anda untuk menikmati racikan masakan Semarang dan Solo yang sedep dan mantap!

Agaknya tujuan kami mencari hidangan tradisional dapat terealisasikan. Etalase kaca yang ada di dalam warung ini diisi dengan aneka bahan makanan untuk meracik menu. Menu yang ditawarkan sangatlah beragam, mulai dari Nasi Kuning, Selat Solo, Tahu Telor, Petis Kangkung, Garang Asem, Mie Jowo, Sayur Lodeh hingga Nasi Langgi.

Usaha rumahan ini menjadi salah satu yang legendaris di Tangerang. Sudah berdiri sejak tahun 1985, semua makanannya diracik langsung oleh ibu Hadi dan suami. “Suami saya berasal dari Solo dan saya Semarang, jadi warung ini kami namakan Sem-Lo alias Semarang Solo,” tutur ibu Hadi, pemilik warung.

Warung ini merupakan rumah ibu Hadi yang di​ ​bagian terasnya diberi beberapa meja dan bangku kayu untuk para pelanggan yang ingin menyantap makanan di tempat. Tempatnya sederhana, tapi rasa masakannya tak kalah dengan rumah makan besar lainnya.

Karena perut sudah lapar, kami langsung memutuskan untuk memesan Nasi Kuning (Rp 20.000), Lontong Cap Go Meh (Rp 20.000) dan Petis Kangkung (Rp 20.000).

Mengawali santap siang kali ini, Anda bisa mencicip petis kangkung. ​K​angkung ​ber​tekstur yang renyah yang disiram dengan saus bumbu petis berwarna cokelat.

Foto: detikFood

Hmm, bumbu petisnya sungguh juara. Aroma petis udangnya tercium kuat dengan tambahan cabai sehingga rasanya pedas tapi sedikit manis dengan aroma petis yang menggoda. Jangan lupa cocol dengan tahu goreng yang lembut hangat.

Nasi kuningnya harum dengan semburat rasa gurih dari campuran daun salam. Saat disuap, tejejak rasa gurihnya santan​ segar​ plus ​kunyit yang kuat. Warna kuningnya menyala. Ini menandakan empu kunyit yang tua yang dipakai dalam nasi kuning ini.​

Tekstur nasinya pulen dan disajikan dengan 7 macam lauk yang mengelilinginya. Mie goreng, sambel goreng hati ampela, tempe orek, keripik kentang, perkedel, ayam opor dan setengah telur rebus.

Mie gorengnya berwarna kecokelatan dengan rasa gurih sedikit manis dan dicampurkan dengan potongan sawi hijau. Sedangkan sambel goreng hatinya tercecap rasa gurih santan dengan pedas yang berasal dari irisan cabai. Hmm, sedap!

Foto: detikFood

Tempe oreknya kering dan renyah dengan rasa gurih manis. Sangat pas berpadu dengan kering kentang yang bertekstur renyah tapi agak lengket​. ​ ​Racikan nasi kuning ini mirip dengan nasi kuning Semarangan di pasar gang Baru​.

Perkedel kentang yang lembut dengan opor yang empuk gurih serta telur rebus sangat enak disantap bersama dengan nasi yang hangat. Apalagi tambahan serundeng kelapanya membuat nasi kuning semakin ​gurih ​enak.

Selain Nasi Kuning, Lontong Cap Go Meh menjadi salah satu sajian yang tak boleh Anda lewatkan. Kuah sayur lodehnya berwarna keruh agak kekuningan agak encer. Saat diseruput, rasa kuahnya gurih dan sedikit manis.

Kuah sayur lodehnya terdiri dari labu siam, terung, kacang panjang, sambal goreng hati ampela dan telur​ pindang​ rebus. ​Ditambah dengan suwiran opor ayam. Yang unik, racikan lontong cap go meh ini memakai taburan kedelai yang digiling halus. Bukan serundeng.​

Foto: detikFood

​Ini menandakan ciri khas lontong cap go meh pesisiran termasuk Semarang. Kadang ditambah irisan cabai merah yang ditumis dan daging bumbu abing. ​

​Selain harganya tak mahal, masakan di sini bergaya rumahan. Bumbunya terasa dan disajikan bersih apik. ​Karena porsi yang disiapkan tidak terlalu banyak, rasa aslinya dari semua makannya ter​asa​ enak dengan penggunaan bumbu yang royal.

Warung Sem-Lo ini tutup setiap hari Rabu. Akan tetapi, jika Anda berencana datang bersama keluarga, ibu Hadi akan dengan senang membuatkan makanan yang Anda pesan. “Asalkan tel​p​on dulu, nanti saya bisa buatkan,” jelas ibu yang ramah ini.

Ibu Hadi juga menerima pesanan untuk acara rumahan atau kantor. Semua masakan Jawa bisa Anda pesan dengan pemesanan minimal 50 kardus. Nah, ​kalau ke Tangerang, jangan lupa jajan di sini!​

Waroeng Mas Sem-Lo
Jl. MT Haryono No. 9
Gang Benteng Jaya, Tangerang
Buka: 08.00-16.00 WIB
Libur: Rabu
Telp: 087878465502 / (021) 98899845

(lus/odi)