Ayam Penyet Bu Sri Menteng: Sedap Mantap Iga Bakar Penyet Berbalut Sambal Terasi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 04 Nov 2015 11:30 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Olahan Iga Sapi Lezat
Jakarta -

Seporsi ayam atau iga penyet enak disantap untuk makan siang. Dicocol dengan sambal terasi tentu makin enak apalagi dilengkapi tumis genjer yang renyah gurih!

Berkunjung ke Food Garden Kemang membuat kami bingung dengan banyaknya pilihan makanan. Mulai dari mie ayam, ramen, pempek, kue cubit, hingga sushi. Setelah mengitari area food court, kami penasaran dengan gerai di pojok kanan depan yang nampak ramai antrean pembeli.

Gerai bernama Ayam Penyet Bu Sri Menteng ini menawarkan aneka penyetan khas Suroboyo. Seperti ayam goreng, ayam bakar, iga goreng, iga bakar, lele goreng, ati ampela, dan empal.

Terdapat tingkat kepedasan berbeda yang dapat dipilih yaitu manis, manis pedas, pedas, dan pedas mampus. Untuk nasinya, tersedia nasi uduk atau nasi putih.

Datang dalam keadaan lapar, kami akhirnya memesan Ayam Goreng Penyet (Rp 20.000) dan Iga Bakar Penyet (Rp 27.000) manis pedas, tumis genjer (Rp 7.000), serta nasi uduk (Rp 5.000).

Kedua penyetan disajikan dalam piring rotan beralas kertas nasi cokelat. Terdapat lalapan berupa mentimun, kol, dan daun kemangi. Lauk penyet di sini sengaja dibiarkan utuh, tidak dipencet seperti umumnya menu 'penyetan.'



Ayam goreng penyet berupa dada ayam goreng yang dilumuri sambal merah kecokelatan. Terlihat biji-biji cabai utuh berjejalan diantara sambal.

Aroma terasi cukup kuat dari sambal membuat kami tak sabar mencicipnya. Benar saja, paduan ayam goreng kering dengan sambal terasi sungguh gurih nikmat. Memuaskan selera pencinta pedas. Apalagi disuap dengan nasi uduk yang gurih.

Oya, sambal terasi rupanya juga ditambahkan ikan teri goreng. Tekstur sambalpun jadi terasa sedikit renyah dengan selipan rasa asin enak. Tak terasa seporsi ayam goreng penyet habis dalam sekejap.

Selanjutnya kami mencoba Iga Bakar Penyet yang jadi favorit pengunjung di sini. Dua potong iga berukuran lumayan besar dibakar hingga kecokelatan. Terlihat iga sedikit berminyak karena proses pembakaran membuat lemak daging leleh.

Menu ini disajikan bersama sup bening yang terdiri dari potongan tomat dan daun bawang. Aroma rempah samar-samar wangi menghampiri hidung.

Untuk menikmati iga tak perlu repot karena dagingnya yang empuk mudah terlepas dari tulang. Sementara lemaknya terasa kenyal juicy dengan semburat rasa gurih manis. Dicocol dengan sambal terasi tentulah makin nikmat.



Seporsi sup bening cocok untuk membilas pedasnya iga penyet. Rasa pala dan cengkeh begitu kuat terasa pada sup. Agaknya sup bening adalah kuah sup iga yang juga dijual di sini.

Tumis genjer tak kami lewatkan. Genjer ditumis cepat dengan api besar agar renyah. Ini juga terlihat dari warna genjer yang masih hijau terang. Ada cincangan bawang putih dalam tumisan dengan kuah keruh kecokelatan. Agaknya tumis genjer diberi tambahan tauco sehingga rasanya gurih asin.

Nah, jika ingin makan siang nikmat dengan harga terjangkau, Ayam Penyet Bu Sri Menteng bisa jadi pilihan. Selain di Kemang, gerainya juga ada di Menteng (Samping Keris Galery), Halimun, Setia Budi, dan Imperium.

Ayam Penyet Bu Sri Menteng
Food Garden Kemang
Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan
Telepon: 0856 93121119

(adr/odi)
FOKUS BERITA Olahan Iga Sapi Lezat