Eyang Tiiiii: Sedapnya Kupat Tahu dan Rawon Racikan Eyang Putri

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 01 Okt 2015 12:13 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Kangen kampung halaman? Disini ada beragam menu tradisional yang sedap. Ada kupat tahu yang gurih manis hingga rawon yang mantap.

Berada di kawasan Bintaro, kami penasaran untuk mampir ke Rumah Makan Dahar Eyang Tiiiii. Jika dilihat sekilas, rumah makan ini seperti rumah makan semi outdoor.


 

Tapi, setelah melihat dan masuk ke dalam ternyata semuanya berkayu jati layaknya rumah a la keraton. Mulai dari pintu berukiran dengan hiasan kaca antik plus jajaran meja dan kursi makan yang semuanya berbahan dasar kayu.

Rumah makan ini sangat cocok untuk menikmati sajian tradisional bersama keluarga besar. Jika ingin memesan, sebaiknya langsung saja datang ke area dapurnya yang berada di sisi kiri belakang. Area dapurnya didesain mirip seperti warung jaman dulu.

Setelah melihat daftar menunya, kami tertarik dengan selat Solo, sayangnya saat kami berkunjung menu andalan yang satu ini sudah habis. Akhirnya kami memutuskan untuk mencicip Rawon dan Kupat Tahu.

Sambil menunggu menu utama jadi, kami memesan teh poci (Rp 20.000). Minuman ini menjadi salah satu minuman tradisional yang bikin kangen kampung. Disajikan dalam teko dan cangkir tanah liat. Gula batu ditambahkan ke dalam gelas, kepulan asapnya menghasilkan aroma yang sedap wangi. Sluurp, sedikit sepat sedikit manis.



Setelah asyik menyeruput teh, akhirnya pesanan kami datang. Seporsi rawon (Rp 40.000) hangat tersaji di atas meja. Hmm, aroma kluwak dan daun jeruk berpadu wangi jadi satu.

Terlihat bercak minyak yang mengelilingi kuah rawon berwarna hitam. Kuahnya berwarna hitam pekat dan memiliki rasa gurih yang nikmat. Potongan daging sapinya terasa empuk dan juicy. Selain daging, ada juga campuran tetelan yang lumer gurih.

Sajian ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat yang pulen. Jangan lupa untuk menambahkan tauge dan kol untuk menghasilkan rasa renyah dan segar.

Untuk rasa pedas, kami mencampurkan sambal dan menyuapnya dengan rawon serta telur asin yang lembut gurih. Semakin mantap saat menyuapnya dengan kerupuk udang yang renyah.

Yang tak kalah lezatnya, sajian tahu kupat ( Rp 25.000). Berbeda dengan tahu kupat pada umumnya, eyang ti meraciknya dengan gaya Solo. Kuahnya berwarna cokelat bening dengan rasa gurih sedikit manis.



"Saya mengembangkan resep berdasarkan permintaan pelanggan. Dulu saya pakai kuah cokelat yang kental, tapi kebanyakan suka yang lebih encer kuahnya," tutur sang pemilik.

Tahu kupatnya diisi dengan tauge yang renyah, mie kuning dengan bentuk gepeng yang mulur lembut serta potongan lontong yang disiriam dengan kuah cokelat. "Karena ketupatnya habis, saya ganti dengan lontong," jelas eyang yang berparas ayu ini.

Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini menyajikan tahu kupat yang unik. Biasanya tahu kupat disajikan dengan telur goreng tapi di rumah makan ini justru disajikan dengan bakwan goreng yang dicampur dengan potongan kol. Menurut kami, lontong yang lembut lebih cocok disantap dengan kuah yang gurih manis.

Tahu putih goreng dan taburan kacang goreng ditambah dengan selada, tomat dan dicampur dengan sambal mentah mirip dengan sambal bawang dengan semburat rasa bawang putih dan cabai yang pedas. Jika kami deskripsikan penampilannya mirip asinan tapi rasanya mendekati tahu gejrot.



Tak lengkap rasanya jika tidak mencoba Saparela (Rp 20.000). Minuman soda ini sudah terkenal sejak dulu. Rasanya mirip seperti root beer, sangat enak diminum dalam keadaan dingin.

Lain kali, kami wajib mencicip Selat solo dan juga tengkleng yang menjadi andalan rumah makan ini.

Jika tertarik makan siang di sini. Rumah Dahar Eyang Tiiiii juga menyediakan tempat lesehan layaknya seperti makan di rumah sendiri. Dijamin tak hanya perut yang terpuaskan tapi juga suasana yang nyaman layaknya kampung halaman. Monggo mampir!

Rumah Dahar Eyang Tiiiii
Jln. Senayan Utama No. 1
Bintaro Jaya, Sektor 9 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7486 7835
Buka: 10.00 - 21.00

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com