Bakso Gunung Gandul: Mantap Sedap Bakso Bom dan Mie Ayam dengan Bakso Telur

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 24 Apr 2015 12:06 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Para pecinta bakso mungkin akan tergoda melihat bakso berukuran lebih besar dari biasanya. Di sini ada bakso bom berukuran besar yang menjadi andalan. Apalagi disiram dengan kuah kaldu gurih. Wah sedapnya!

Melihat salah seorang teman mengunggah foto bakso berukuran besar di sosial media, kamipun tergoda untuk mencicip. Berada di belakang Superindo Pamulang 1, kami menemukan sebuah warung bakso sederhana dengan spanduk bakso "Gunung Gandul".

Dibagian depan terdapat gerobak bakso untuk tempat meracik makanan.
Di dalamnya terdapat meja-meja dan kursi kayu panjang yang tertata rapih. Menunya ada bakso polos, mie ayam, bakso telur dan bakso bom.

Karena tempat ini selalu ramai dikunjungi para pecinta bakso, perlu ekstra sabar saat memesan. Jangan sampai pesanan Anda terlewatkan! Pasalnya, saat kami memesan salah satu pelayan ternyata tidak langsung membuatkan pesanan kami. Kamipun perlu memesan ulang pesananya pada pelayan lain.

Bakso bom (Rp 13.000) yang menjadi incaran kami disajikan panas mengepul. Saat semangkuk bakso mendarat di meja tercium aroma gurih sedap khas daging sapi.

Dalam mangkuk berukuran sedang, ada satu butir bakso berukuran besar. Karena permukaannya sudah dikerat sehingga baksonya mekar memenuhi mangkuk bakso. Di bagian tengahnya terlihat isian berupa campuran daging cincang dan urat. Saat dikunyah, terasa empuk juicy dengan jejak urat daging yang kenyal sedap.

Kuahnya bening, berpadu dengan pelengkap seperti bihun, mie, sawi, tauge, seledri dan bawang goreng yang terlihat memenuhi mangkuk bakso. Bahan pelengkap ini ditaruh di bagian bawah bakso, sehingga terlihat bakso besar yang mekar mendominasi di bagian atas.

Rasa gurih berasal dari rebusan tulang sapi pada kuahnya. Makin mantap jika racik dengan aneka pelengkap seperti kecap dan sambal yang menggigit. Semakin mantap disantap dengan kerupuk renyah yang gurih.

Selain itu ada juga mie ayam dengan tambahan bakso telur (Rp 17.000). Mienya berwarna kuning pucat dengan tekstur yang lembut serta tingkat kematangannya yang pas.

Satu butir telur rebus yang dibalut dengan adonan bakso berwarna abu-abu pucat terasa kenyal. Bakso telur ini dibelah dua dan diberi taburan bawang goreng sehingga menambah cantik sajian mie ayam. Saat dicicip terasa kelembutan telur dan kekenyalan bakso.

Potongan daging ayam yang diracik dengan bumbu kecap berwarna cokelat terasa manis gurih. Saat dicicip terasa semburat rasa bawang putih dan kecap yang harum dengan jejak minyak pada sajian mie ayam.

Dalam sajian mie ayamnya tidak terdapat potongan sawi dan pangsit yang biasa menjadi teman pelengkap mie ayam. Yang ada hanya taburan daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Porsinya royal dan rasanya yang nikmat sangat pas menjadi sajian makan siang Anda kali ini. Yuk mampir!

Bakso "Gunung Gandul"
Jl. Pamulang Permai Raya
(Belakang Superindo Pamulang 1)
Telp: 081381612219
Buka: 10.00 - 21.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com