Kembang Goyang: Ada Menu Khas Enyak Babe yang Sedap Mantap di Utara Jakarta

- detikFood Jumat, 20 Feb 2015 11:27 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di kawasan Ancol bukan hanya ada tempat hiburan tetapi juga menu lezat khas Betawi. Mau soto tangkar, nasi goreng kambing, asinan Jakarta hingga gabus pucung? Semua ada. Hanya perlu nasi hangat buat memuaskan selera di tempat ini.

Ancol memang identik dengan liburan, laut dan makan enak. Karenanya saat memasuki Kembang Goyang yang ada di lobby level Discovery Hotel and Convention Ancol ini kami sudah bersiap-siap buat makan enak dengan suasana nyaman. Lokasi hotel bintang lima ini persis di sebelah pintu masuk Dunia Fantasi.

Resto yang belum lama beroperasi ini ditata dengan interior kayu dan sebagian dinding kaca yang membuat cahaya matahari bisa bebas dinikmati. Kalau tak hujan, bisa bersantap di teras luar dengan udara terbuka.

Menunya internasional karenanya ada menu barat, Asia hingga tradisional. Kami justru tertarik mencicipi menu khas Betawi yang mendominasi daftar menu. Asinan Jakarta (Rp. 38.000) menjadi sajian pembuka santap siang kami.

Kuahnya merah bening dengan serpihan cabai merah ulek. Ada potongan tahu putih, sawi asin, wortel dan tauge yang jadi isiannya. Kerupuk kanji ‘shocking pink’ menjadi pelengkap yang meriah.

Rasanya asam segar, dengan sedikit semburat manis dan pedas yang tak terlalu tajam. Cocok untuk mengantar kami menikmati seporsi Soto Tangkar (Rp. 68.000) dan Nasi Goreng Kambing Nyak Babe (Rp. 78.000).

Aroma wangi kunyit dan gurih santan menguap saat soto tangkar ini diaduk. Soto tangkar atau soto iga ini memang hidangan khas Betawi yang sudah tak banyak dijajakan lagi. Kuahnya kuning susu dengan potongan short ribs, iga sapi.

Gurih pekat bumbu terasa saat kuah ini dihirup. Iganya empuk dan irisan daun bawang membuat soto ini makin sedap. Apalagi disuap dengan sedikit nasi hangat. Mantap!

Nasi goreng kambing a la Jakarta. Umumnya memakai bumbu kari dengan aroma rempah yang kuat plus minyak samin. Nasi goreng kambing ini justru berbeda. Warnanya kuning cantik, dengan serpihan irisan daun bawang dan telur yang merata.

Potongan kecil daging kambingnya terasa empuk. Sama sekali tak ada aroma prengus daging kambing. Ringan namun tetap dengan harum kunyit yang sedap. Acar mentimun dan wortel menyempurnakan kesedapan nasi goreng ini.

Wah, kamipun tergoda melihat tampilan Ayam Goreng Kalasan (Rp. 118.000) yang ada dalam menu. Tak salah lagi, setengah ekor ayam kampung goreng dengan taburan serundeng disajikan dalam piring segi empat.

Sobekan daging ayam gorengnya empuk gurih dengan rasa gurih bawang dan wangi kunyit. Meresap hingga ke ujung tulang. Karena bagian luarnya renyah garing maka setengah ekor ayam inipun tuntas. Apalagi dicocol sambal terasinya yang pedas mengigit. Dilengkapi urap sayuran yang crunchy dengan balutan kelapa parut berbumbu ringan.

Deretan camilan betawipun menggoda. Ada kue ape, kue laba-laba, kue rangi colek, kue cubit ceria dan selendang mayang. Jajanan kaki lima ini memang sangat menggiurkan.

Kue Rangi Coleknya (Rp. 28.000) dilumuri sirop gula merah. Garing renyah dan lembut gurih rasanya. Demikian juga dengan Kue Cubit Ceria (Rp. 28.000) yang dicetak mungil dengan isian meisjes. Cocok membilas mulut setelah menikmati sajian gurih.

Sebelum benar-benar beranjak, kami tak membuang kesempatan menghirup udara laut di teras luar. Sambil menghirup Cappuccino yang disajikan dengan kembang goyang yang renyah manis! Nah, siapa bilang akhir pekan di Ancol membosankan?

Kembang Goyang
Discovery Hotal and Convention Ancol
Jl, . Lodan Timur No. 7, Ancol Taman Impian
Jakarta Utara
Telpon: 021-29377777
Jam Buka : 06.00-22.00

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com