Demenu: Pedas Sedap Nasi Goreng Roa Komplit dan Daging Sapi Cabe Ijo

Maya Safira - detikFood Kamis, 29 Jan 2015 14:05 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Mau makan siang dengan sajian Indonesia? Coba saja mampir ke restoran ini. Sepiring Nasi Goreng Roa komplit bisa jadi solusi makan enak dan mengenyangkan. Daging sapi cabai ijo yang pedaspun dapat dicoba sebagai lauk pelengkap.

Berjalan-jalan ke Grand Indonesia, tak sengaja kami menemukan restoran Indonesia yang menarik perhatian. Bertuliskan "DEMENU", restoran ini terletak di Lantai 5 East Mall.

Terlihat tempat makannya terbagi jadi dua bagian. Ada yang di dalam dan luar ruangan. Awalnya kami ingin duduk di bagian dalam. Ternyata itu khusus smoking area. Kami pun memilih duduk di area luar.

Demenu memiliki suasana cukup nyaman dan hangat. Dindingnya terbuat dari susunan batu bata. Adapun meja restoran berbahan kayu. Kursinya sendiri paduan sofa, kayu dan rotan.

Melihat daftar menu restoran, ada beragam pilihan sajian yang ditawarkan. Seperti Kentang Goreng Bumbu Rendang, Ikan Kakap 3 Rasa, Sate Padang, Semur Daging Kumpeni, Kari Ayam Nusantara, Sop Tulang Sum-Sum dan Nasi Lemak Malaka. Anda juga bisa memilih sambal di sini. Diantaranya Sambal Teri Ijo, Sambal Tuk-tuk, Sambal Mangga dan Sambal Roa.

Kami pun memilih Nasi Goreng Roa (Rp 39.000) yang mendapat tulisan highly recommended dalam menunya. Tak perlu lama menunggu, nasi goreng roa tiba di meja kami. Tercium aroma asap dari ikan roa dalam sajian ini.

Nasi berwarna merah gelap diberi taburan telur dadar lembut di atasnya. Terdapat pelengkap berupa ikan asin kapas yang diberi sambal merah, kacang tumbuk dengan irisan cabai hijau, acar dan emping. Ada garnish tomat, mentimun dan selada untuk pemanis hidangan.

Ternyata warna merah pada nasi goreng didapat dari pemakaian nasi merah. Namun saat dicicipi tekstur nasi merahnya tidak terlalu pera.

Ikan roanya sendiri sudah tercampur dalam nasi. Rasanya begitu sedap gurih dan tidak begitu pedas. Aroma bakaran nasi roa menambah semangat menyantap hidangan.

Di dalam nasi goreng juga ada campuran telur orak arik, cincangan cabai dan daun bawang. Jika ingin rasanya lebih pedas, cobalah tambahkan irisan cabai hijau dari kacang tumbuk. Huaaah.. begitu pedas menyengat.

Ikan asin kapas yang tipis renyah melengkapi kelezatan nasi goreng. Tambahan sambal dari tomat dan cabai terasa pedas manis saat dicoba. Cocok dengan kerenyahan ikan asin. Adapun acar dari potongan timun dan wortel terasa menyegarkan sebagai pelengkap nasi goreng.

Selanjutnya kami mencoba nasi putih dengan lauk Daging Sapi Cabe Ijo (Rp 38.000) dan Terong Sambal Ebi (Rp 22.000). Daging sapi cabe ijo tiba dalam keadaan panas mengepul. Sajian berisi potongan dadu daging sapi yang terselip diantara tumpukan cabai hijau. Cabai digiling kasar bersama cincangan bawang putih dan bawang merah. Terlihat sedikit minyak kehijauan di dasar piring dari sisa tumisan bumbu.

Dagingnya gurih dan lumayan empuk. Uniknya, daging tidak digoreng melainkan direbus. Sambal hijaunya sendiri tidak terlampau pedas dengan jejak rasa merica.

Ketika daging dicicipi bersama bumbu, rasanya makin sedap. Apalagi dimakan dengan nasi putih hangat. Sayangnya, sajian ini lebih dipenuhi dengan limpahan bumbu cabai hijau dibanding dagingnya.

Terong Sambal Ebi juga enak untuk pelengkap nasi putih. Satu buah terung dipotong-potong kemudian digoreng sampai permukaannya kecokelatan. Diatasnya baru diberi sambal terpisah berwarna merah yang beraroma ebi kuat.

Saat dikunyah, terungnya terasa empuk lembut. Sambalnya sendiri teksturnya sedikit kasar karena ada penggunaan ebi. Rasa sambal pedas manis dengan jejak ebi, gula merah, bawang merah dan cabai. Membuat kami makin lahap menyantap nasi.

Setelah makan berat, tentu paling enak mencicipi dessert manis. Demenu menyediakan pilihan dessert seperti jongkong kelapa muda, ketan kuah durian, rujak serut dan aneka roti panggang. Mau mencobanya untuk santap siang? Yuk mampir!

Demenu
Grand Indonesia Lt. 5 Unit GD2-10
East Mall
Jl. MH. Thamrin No. 1
Thamrin
Jakarta Pusat
Telp: 021-23580488
Jam Buka: 10.00 - 22.00

(msa/odi)