RM Sari Sunda: Sedap Mantap Gurame Goreng Bumbu Cobek dan Pencok Leunca yang Gurih Pedas

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 27 Jan 2015 12:54 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Menyantap seporsi ikan gurame goreng tak lengkap rasanya tanpa sambal dan lalapan. Mampir ke rumah makan khas Parahyangan ini Anda wajib mencicip aneka sambal dan pencok leunca yang krenyes gurih. ​Raos pisan!​

Melintas di Jl. Dr. Setiabudhi Bandung kami teringat dengan sambal racikan khas Sunda yang enak. Akhirnya kami mampir ke rumah makan dengan balutan interior yang didominasi dengan bambu khas Sunda.

​Interior ​ makan ini​ bergaya pedesaan Sunda, hampir seluruhnya memakai bahan bambu. Terasa nyaman dan teduh. ​​Apalagi ada ​alunan tembang Sunda yang ​terus diputar ​menambah kesan ​nyaman tentram​.

Jika Anda datang bersama teman atau keluarga, Anda dapat memilih ​bersantap di ​saung bambu. Pada bagian kanan atau kiri saung juga terdapat air terjun mini ​dengan​ gemericik air d​an​ aneka tanaman yang membuat suasana semakin teduh.

Tak berbeda jauh dengan rumah makan Sunda pada umumnya, di rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini juga menyajikan aneka Nasi Timbel, Nasi Bakar dan juga minuman khas Sunda seperti Bandrek. Karena ingin menikmati sajian yang pedas gurih, kami memesan Ikan Gurame Goreng Cobek, Ayam Bekakak dengan sambal Dadak, Sayur Asem dan Pencok Leunca.

Ikan Gurame Goreng Cobek (Rp 76.000) ​disajikan panas mengepul. ​Tampilan gurame goreng terlihat cantik dan menggiurkan. Gurame digoreng hingga kering dengan warna kuning keemasan​, Disayat sisi badannya ​ dan ditata berdiri​, mirip gurame terbang. Tak ketinggalan ​lalapan selada, tomat dan mentimun plus sambal cobek.

Wangi gurih tercium dari ikan gurame goreng. ​Renyah lembut ​dagingnya. Tekstur dagingnya renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Ini menandakan ikan digoreng dalam minyak panas dan banyak. Saat mencicip tak ada jejak aroma tanah dalam dagingnya.

Sepotong dagingpun langsung kami cocolkan ke sambal cobek yang berwarna merah merona dengan kucuran jeruk limau. Sambalnya terbuat dari cabai merah yang segar dengan aksen rasa bawang dan terasi yang ringan. Nyam nyam!

Suapan nasi pulen yang hangat diiringi dengan Pencok Leunca (Rp 14.000). Leunca yang segar diracik dengan cabai merah dan cabai hijau plus daun kemangi dengan semburat aroma kencur, terasi bakar seakan beradu sensasi segar dan pedas di lidah. ​Tekstur renyah leunca ini bikin sambal ini makin enak.​

Makin dasyat rasanya saat disuap dengan dengan sobekan daging gurame yang renyah gurih. Saat dicicip kembali ternyata ada perpaduan manis dari gula merah dan wangi dari daun kemangi sehingga rasanya seimbang. Ada gurih, manis, pedas dan sedikit rasa pahit dari leuncanya. Sajian pencok leunca juga dilengkapi dengan kerupuk bawang yang garing.

Jika bosan dengan sajian ikan, Anda dapat mencicip Ayam Bekakak (Rp 67.000). Ayam kampung yang empuk gurih ini dapat Anda santap bersama-sama karena disajikan dalam satu ekor.

​Ayam dibelah bagian dada membujur dan dibuka lebar. ​Teksturnya yang empuk dengan warna kuning keemasan tercium hangat gurih. Saat disobek daginya terasa aroma bumbu kuning dengan paduan bawang putih, kunyit dan ketumbar yang wangi. Ayam bekakak ​ini makin mantap disuap dengan sambal dadak.

Sambalnya berwarna merah dengan aroma gurih terasi plus kencur yang tercium kuat. Sambal dadak ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Sehingga sangat pas dipadukan dengan ayam bekakak goreng yang gurih hangat plus lalapan yang segar.

​Makin lengkap disantap dengan​ Sayur Asem (Rp 10.000)​. I​sian​nya komplet ​ kacang tanah, kacang panjang, labu siam dan jagung yang gurih enak. Terdapat semburat rasa gurih, asam dan manis yang segar. Jangan lupa menyantapnya dengan sambal, ikan goreng atau ayam goreng plus kerupuk yang gurih. Dijamin enak dan kenyang, yuk mampir!


Rumah Makan Sari Sunda
Jl. Dr. Setiabudhi No. 86-88
Bandung
Telp: (022) 2034263
Buka: 10.00 – 21.30 WIB

Jl. Lengkong Besar No. 77
Bandung
Telp: (022) 4238125

Jl. Soekarno-hatta No. 479B
Bandung
Telp: (022) 7300696​



(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com