Sari Laut Jala Jala: Nikmatnya Nasi Panggang Gurih Berlumuran Keju Leleh

- detikFood Jumat, 28 Nov 2014 12:01 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sedang ingin menyantap hidangan Medan sekaligus Tiongkok? Coba mampir ke restoran Sari Laut Jala Jala. Di sini Anda bisa mencicipi paduan nasi hainan yang dipanggang bersama lelehan keju lembut. Nyam!

Masuk ke restoran Sari Laut Jala Jala di Kuningan City, kami disambut etalase makanan berisi dim sum goreng, pangsit dan egg tart Portugis. Restoran ini memiliki interior dengan dominasi dinding berwarna ungu. Dapat ditemui dekorasi jala atau jaring untuk menangkap ikan di langit-langit restoran. Pencahayaan restoran sendiri cenderung agak gelap. Beberapa lampu biru tua memberi aksen suasana temaram dalam restoran.

Tiap meja diberi tatakan kertas berisi menu makanan yang disajikan. Namun karyawan restoran tetap akan memberi buku menu berukuran cukup besar. Menu di sini sangatlah bervariasi, perpaduan Medan dan Tiongkok. Mulai dari sajian vegetarian, dim sum kukus dan goreng, kwetiaw siram, lamien, bubur phitan, nasi lunak seafood, sup perut ikan dengan kepiting, hingga bebek Peking.

Sebelum memesan makanan, salah seorang pelayan mendatangi kami sambil membawa nampan berisi beberapa pilihan dimsum goreng dan dessert. Jika memesan salah satu menu tersebut, nanti pelayan akan mengantarkan kembali makanan serupa dalam kondisi hangat. Benar-benar mengingatkan kami dengan salah satu restoran terkenal di Medan.

Kami memilih Leng Hong Kian (Rp 23.000) sebagai menu pembuka. Sajian yang ada dalam jejeran dim sum goreng ini berisi lima buah bakso udang salad. Tampaknya cincangan udang berbentuk lonjong ini dibalut adonan tepung baru digoreng. Bakso udang kemudian dilumuri saus mayonnaise dan ditaburi wijen.

Saat dicicipi, bakso udangnya terasa empuk dan lembut. Ketika dipadukan dengan mayonnaise manis gurih, citarasanya makin sempurna. Terjejak rasa telur dan gula dalam saus kental berwarna putih kekuningan itu. Pantas saja Leng Hong Kian menjadi menu favorit di restoran ini.

Nasi Panggang Keju dengan Sapi (Rp 38.000) kami pilih untuk menu utama. Selain sapi, ada juga pilihan ayam atau udang. Tak perlu lama menunggu, nasi panggang keju datang ke meja kami. Salah satu menu andalan restoran ini disajikan dalam klakat bambu berlapis aluminium foil.

Tampak lelehan saus keju panggang berwarna kekuningan dengan totol-totol cokelat menutupi nasi di bawahnya. Potongan daun peterseli jadi pemanis di permukaan nasi panggang. Wah, tak sabar untuk segera mencobanya!

Ketika keju cukup tebal itu "dibongkar", tampak nasi putih dengan paduan jamur shitake iris, cincangan bawang bombay, potongan daging, dan kacang polong. Bagian atas nasi yang dekat dengan keju terasa agak basah karena sisa saus keju. Kami menduga topping keju dibuat dari saus putih kental baru diberi lapisan keju Mozarella.

Perpaduan rasanya gurih creamy. Sangat lezat! Ternyata hidangan ini menggunakan nasi hainan dengan tekstur pulen agak lembek. Terjejak rasa bawang putih, jahe dan kaldu yang kuat.

Adapun irisan daging dalam nasi rasanya gurih karena sudah diberi rendaman bumbu, sebelum dipanggang bersama nasi hainan dan keju. Sayangnya tekstur daging sedikit keras.

Untuk penutup manis, kami memilih dessert Singkong Panggang Keju (Rp 15.000) yang tersaji hangat. Empat buah singkong panggang berwarna cokelat keemasan ditempatkan dalam aluminium foil terpisah. Tampak glaze mengilap menutupi permukaan kecokelatan tiap singkong panggang.

Sebelum mencicipinya, kami pun membuka pembungkus kue. Tercium aroma mentega yang kuat menggoda selera. Tekstur kue sendiri berbeda pada bagian yang tertutup aluminium foil dan tidak. Bagian atas lebih kering renyah dan bawahnya lembut agak basah.

Saat dicoba, terasa paduan mentega, telur, tepung dan parutan halus singkong. Tambahan keju dalam adonan kue justru tidak dominan. Kue lebih terasa legit manis dengan jejak pemakaian madu. Cocok sebagai pilihan pencuci mulut.

Selain singkong panggang keju, tempat ini juga menyajikan banyak pilihan dessert lain. Salah satunya adalah pancake durian yang cukup populer. Tertarik mencobanya? Yuk mampir!

Sari Laut Jala Jala
Kuningan City
Lantai 3
Jl. Prof Dr Satrio
Kuningan
Jakarta Selatan
Telp: 021-30480507,021-5639072

Mall Taman Anggrek
Lantai B2
Jl. Letjen S. Parman Kav. 21
Tanjung Duren
Jakarta Barat
Telp: 021-5639072

(msa/odi)