Pecel Ramidjan: Uenak Sedep! Pecel Sayur Khas Parakan dan Brongkos Daging

- detikFood Jumat, 14 Nov 2014 13:47 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Pecel Madiun memang terkenal enak. Sajian sayuran berlumur saus kacang gurih juga bisa ditemukan di Parakan, Jawa Tengah. Nikmatnya tidak terkira disandingkan dengan brongkos daging sapi manis dan nasi putih hangat. Sedap!

Akhir minggu ini kangen dengan pecel sayur segar? Hidangan a la rumahan nikmat ini ada di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbelok dari SMK Penerbangan, ambil jalan lurus asa rumah makan “Pecel Ramidjan” di sebelah kiri jalan.

Tak terlihat bangunan besar restoran, hanya ada sebuah rumah dengan garasi terbuka. Di dalamnya terlihat bangku dan meja kayu dengan dinding dari anyaman bambu. Di sini, Anda bisa langsung melihat pilihan menu yang disajikan lewat etalase kaca a la warung pecel.

Bisa makan sekaligus bersantai, walau berada di pinggir jalan besar di area rumah makan terdapat taman kecil. Deretan tanaman dan bunga membawa suasana nyaman dan homey, bahkan di siang yang terik.

Selain pecel sayuran, ada pilihan seperti empal, gule kambing, brongkos, tahu lombok ijo, sambel goreng telor ceplok, krecek, dan perkedel jagung. Karena penasaran racikan tradisional, kami pun memesan sego pecel dengan brongkos, krecek, dan perkedel jagung.

Pecel terbuat dari racikan sayur bayam, sawi, kacang panjang, tauge, kol, dan mentimun. Sayuran disiram dengan bumbu kacang kecokelatan encer. Walau tak lagi hangat, sayur masih terasa lembap dan renyah, rasa manis alaminya cocok dengan gurih pedas bumbu kacang.

Dari bumbu pecel tercium jejak terasi yang cukup kuat, masih terasa tekstur renyah kacang dan rasanya ringan. Hmm semuanya dicampur, rasanya masih tetap nikmat tanpa nasi hangat!

Ada pecel sayur, pasti ada brongkos daging sapi sebagai jodohnya. Bumbu pecel yang sedikit pedas diseimbangkan dengan brongkos daging sapi, potongan daging dimasak dalam kuah cokelat kehitaman. Brongkos khas Jawa tengah ini mempunya rasa manis gurih dengan jejak aroma kluwek dan daun salam yang harum.

Potongan daging terasa kenyal lembut dan mudah dipotong. Tambahan kacangnya pun sangat lembut dan menambah rasa manis pada kuah bercampur nasi hangat.

Kreceknya pun tak kalah lezat, kerupuk kulit diracik dengan bumbu merah pedas gurih. Pedas cabai dan gurih dari santan sangat terasa, pastinya sukses menjadi pelipur rindu kampung halaman. Oh ya bakwan jagung di Pecel Ramidjan ini juga patut dicoba.

Kres! Renyah di bagian pinggir dan lembut di tengah, jumlah biji jagung yang ada dalam adonan pun cukup royal. Manis dan gurih daun bawang membuat makan makin lahap.

Tepat jam 12.30 kami pun selesai menyantap satu piring sego pecel.Dengan perut kekenyangan, rasanya enak bersantai sejenak di rumah makan sederhana ini. Mau coba? Yuk sambangi Pecel Ramidjan di lokasi ini.


Pecel Ramidjan
Jl. Prof. Dr. Joko Soetono no. 3
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telpon: (021) 7208448 / 081218642466

 

(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com