Bale Nyoenya: Wah, Gurihnya Nasi Goreng Berbalut Tinta Cumi!

- detikFood Jumat, 03 Okt 2014 11:57 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Kalau ingin makan kenyang siang ini, di resto ini ada nasi goreng yang hitam pekat karena diaduk dengan tinta cumi. Irisan daging cumi dan bakso ikan menambah gurih sedap rasanya. Dijamin kenyang!
 
Makin banyak resto yang kini mengusung menu tradisional sebagai andalan. Masakan gaya rumah yang sederhana memang disukai banyak orang. Bukan hanya Jakarta, di sekitar Tangerang juga ada beberapa resto dengan konsep rumahan.
 
Salah satunya resto bernama Bale Nyoenya ini berlokasi di daerah Tangerang. Persisnya di lantai ground floor (GF) Mall Bale Kota Tangerang, restoran ini memiliki suasana semi tradisional dengan dinding batu bata berwarna cokelat oranye. Di bagian kanan juga dihiasi dengan bambu lengkap dengan daun merambat berwarna hijau.
 
Suasana nyaman langsung terasa saat duduk di dalam resto. Tagline yang diusung, 'rajanya ayam sambel'. Benar saja, lauk ayam, gurame hingga bebek disajikan dengan aneka saus sambal yang berbeda. Saus padang, sambal Bangkok, rica-rica hingga asam manis.
 
Menu spesial yang wajib dicoba adalah nasi goreng tinta cumi (Rp 25.000). Nasi yang diaduk dengan tinta cumi ini warnanya hitam pekat dengana roma gurih cumi yang kuat. Rupanya tinta cumi segar yang dipakai lumayan royal.
 
Selain aromanya gurih cumi yang kuat, nasinya terasa pulen dengan selingan renyah dari irisan daun bawang. Potongan cumi yang empuk dan bakso ikan membuat nasi goreng hitam pekat ini jadi makin sedap.Apalagi dilengkapi dengan orak arik telur yang lembut dan emping yang melimpah.
 
Restoran ini memiliki banyak sajian menu ayam plus sambal yang enak. Kali ini kami mencicipi ayam sambal Bangkok (Rp 26.500) yang porsinya dapat dinikmati 2 hingga 3 orang. Gurih aroma gorengan langsung tercium saat ayam ini disajikan.
 
Ayam fillet tanpa kulit ini dibalut dengan adonan tepung dan digoreng kering. Kemudian disiram dengan sambal a la Bangkok yang berwarna merah dengan jejak minyak. Saus nam prik ala Thailand ini aromanya pedas menggiurkan.
 
Rasa sambalnya pedas manis dengan sentuhan sedikit asam ringan. Potongan cabai merah dan daun bawang menghiasi bagian atas ayam bumbu Bangkok ini. Rasa renyah ayam berbalut tepung memang serasi rasanya dengan saus ini.
 
Kalau siang ini kangen masakan rumahan yang sedap, mampir saja ke sini. Selain dua sajian tadi masih ada goreng nasi goreng tom yam atau gurame saus padang yang pedas menggigit!
 
Bale Nyoenya
Jl. Jenderal Sudirman, Kec Tangerang Kota Tangerang
Mall Bale Kota Ground Floor (GF)-GC 58
Telp: (021) 2966 0903 / (021) 9467 5322
Jam buka: 10:00 - 21:00 WIB



(lus/odi)