Serba Food: Menikmati Gurih Lembut Mapo Tofu dan Mantou Landak yang Lucu

- detikFood Senin, 04 Agu 2014 13:26 WIB
Sonic Bapao
Jakarta -

Awalnya, nama restoran ini terdengar menggelitik karena berupa campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Umumnya orang akan mengira 'Serba Food' berarti 'serba makanan'. Ternyata, 'serba' berasal dari Bahasa Mandarin 'shi ba' yang berarti pakar masakan.

Serba Food awalnya populer di kalangan mahasiswa Universitas Pelita Harapan karena gerai pertamanya berlokasi di Benton Junction. Restoran ini sering jadi tujuan karena harganya terjangkau. Kini, Serba Food membuka cabang di Central Park Mall.

Bertempat di Tribeca, area makan Serba Food terbagi menjadi dua, yakni balkon dan dalam. Keduanya terpisah dinding kaca sehingga pelanggan yang bersantap di dalam juga bisa menikmati pemandangan taman Tribeca.

Dari makna nama restoran dan logonya yang berupa teko porselen bermotif Tiongkok, bisa ditebak bahwa hidangan yang disajikan serba Tiongkok. Mulai dari aneka sajian nasi dan mi, seafood, hotplate, sampai dim sum dan mantou. Ada juga paket lengkap berisi nasi, sayuran, daging-dagingan, jeli, dan teh dalam botol.

Penasaran, kami memesan 'Sonic Bapao' (Rp 22.944). Bentuknya lucu, seperti landak mungil lengkap dengan duri-durinya, moncong, serta mata yang terbuat dari biji wijen hitam. Satu porsinya terdiri dari tiga buah.

Rupanya kudapan ini adalah mantou goreng yang dibentuk bulat dan diguntingi kecil menyerong seperti duri. Bagian luarnya yang digoreng hingga berwarna keemasan terasa renyah, sementara bagian dalamnya yang seperti roti putih terasa empuk. Andai isi pasta kacang merahnya lebih banyak dan merata, tentu mantou landak ini lebih mantap.

Sepiring mapo tofu (Rp 42.857) disajikan panas-panas di piring tanah liat. Tofu yang dipotong dadu tampak berlumur kuah kental berwarna cokelat agak transparan, kombinasi tauco dan tepung kanji. Menurut keterangan menu ini ditaburi teh hijau tetapi tak tampak.

Bumbu jahenya terasa kuat, mengingatkan kami akan kembang tahu yang membuat tubuh terasa hangat. Sedikit daging sapi cincang berbaur dengan irisan daun bawang dan cabai merah. Kecuali jahenya, bumbu dan rasa asinnya kurang terasa. Terutama jika hidangan ini disantap bersama nasi. Teh hijaunya juga tak terlacak oleh lidah kami.

Pilihan minumannya macam-macam, didominasi dengan teh dan minuman khas Tiongkok. Teh hitam Tiongkok seperti pu er cha punya kategori tersendiri. Selain itu juga ada teh susu dengan aneka buah segar yang diblender, blooming tea, serta kombinasi bir dan teh buah.

Awalnya kami memesan 'Tropical Tea' (Rp 30.303) sekadar untuk menemani makan. Ternyata, teh panas dalam teko transparan ini patut direkomendasikan. Potongan buah-buahan segar seperti strawberry, pir kuning, dan biji markisa tampak mengambang di atas teh berwarna cokelat cerah bening.

Hmm... Aroma wangi buahnya membuat teh dengan rasa manis sedang ini terasa lebih enak dan segar. Namun, karena potongan buahnya lebih besar daripada lubang moncong teko, buah harus diambil dari bagian atas teko dengan sendok.

Kursi-kursi berwarna hijau, taman dan dinding parket, serta stiker berbentuk pohon dan dedaunan di dinding kaca memberikan sentuhan nuansa alam. Hal ini juga tercermin dari hidangannya.

Serba Food mengklaim semua menu minuman diracik dengan teh organik dari kebun milik sendiri. Uniknya, selain tak menggunakan MSG dan babi, makanan di restoran ini juga ditaburi serbuk teh hijau meski tak terasa karena kuantitasnya mungkin tak terlalu banyak.

Faktor-faktor tadi ditambah harganya yang relatif terjangkau, menu yang bervariasi, dan rasa yang cukup pas di lidah membuat restoran ini patut mendapat kunjungan kedua. Pesanan terakhirpun diterima pukul 23:30, cukup larut dibanding restoran di mal pada umumnya.


Serba Food
Tribeca Park lantai 2, Central Park
Jakarta Barat
Telepon: 021-29200188

Benton Junction (dekat Universitas Pelita Harapan), Karawaci
Tangerang
Telepon: 021-5469964

Grand Paragon Mall lantai dasar
Jakarta Pusat
Telepon: 021-29073092

Plaza Blok M lantai LG
Jakarta Selatan
Telepon: 021-7209415

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com