Aha...Ini Dia Bakso Lezat!

- detikFood Rabu, 28 Nov 2012 10:05 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Anda penggemar bakso? Kalau begitu tempat makan yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berbagai macam jenis bakso bisa ditemui disini, seperti bakso urat, bakso halus, bakso gepeng, dan bakso tahu. Tanpa bahan pengawet hmm... lezatnya makin berasa!

Buat mereka yang menginginkan makan siang yang tidak terlalu berat mungkin semangkok bakso bisa jadi alternatif pilihan. Letaknya yang berada di tengah keramaian Menteng, tepatnya di samping Restoran Tan Goei (Miranda) membuat Bakso AHA tak begitu sulit dicari.

Entah apa yang membuat si penjual memakai nama 'AHA' untuk baksonya. Yang pasti saat mencicipi semangkok bakso AHA membuat saya jadi ingin kembali dan kembali lagi kesini. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal untuk semangkok bakso yang berasa dagingnya dan cukup mengenyangkan.

Yang menjadi ciri khas si penjual bakso ini adalah bawang putih cincang yang digoreng dalam minyak nabati. Nah, bawang putih goreng ini ditaruh di atas meja dan boleh ditambahkan sesuka hati. Saat diaduk di dalam mangkok hmm... kuahnya yang berasa kaldu sapi makin terasa gurih dan harum. Sambal dan kecap bisa ditambahkan sendiri jika suka.

Beberapa pilihan bakso seperti bakso super dan bakso komplet spesial konon menjadi favorit pengunjung. Bedanya bakso super terdiri dari campuran bakso halus, bakso urat dan bakso gepeng saja. Sedangkan bakso komplet super memiliki tambahan lagi berupa bakso tahu.

Bola-bola baksonya berukuran tidak tertalu besar dan terdiri dari bakso urat dan bakso halus. Dagingnya tidak terlalu kenyal karena bakso ini tidak memakai bahan pengawet. Sedangkan bakso gepengnya bertekstur lebih halus tanpa sensasi krinyil-krinyil saat dikunyah. Untuk bakso tahunya bertekstur sangat lembut dan halus, saya pun menduga si penjual membuat tahunya sendiri.

Nah, jika perut belum kekenyangan bisa juga memesan pisang goreng Pontianak. Pisang goreng yang rasanya manis sangat renyah di bagian luar dan baru akan dimasak saat dipesan sehingga masih dalam keadaan fresh. Bagian luarnya renyah dan dibentuk menyerupai kipas dihargai Rp 2.500,00/buah.

Sayang untuk minuman yang di tawarkan tergolong sangat standar yaitu hanya berupa soft drink, begitu pula dengan tempatnya yang tidak begitu nyaman karena menempati area bagian depan salon perawatan kecantikan dan spa. Seporsi bakso di tempat ini dihargai antara Rp 13.000,00 - Rp 16.000,00.

Bakso AHA
Jl. Basuki, Menteng
(Samping Tan Goei d/h Miranda)
Jakarta Pusat

Jl. Senopati No.51
(Teras apotik Potenza)
Jakarta Selatan
Telp: 021-5213035



(odi/odi)