Bakmi Toko Tiga Sekarang Punya Tiga Toko

- detikFood Kamis, 04 Okt 2012 11:25 WIB
Jakarta - Kita semua punya favorit masing-masing untuk urusan per-bakmi-an. Ada yang fanatik Bakmi Orpa. Ada yang suka Bakmi Gajah Mada. Ada pula yang tidak mau makan kalau bukan Bakmi Abun di Gang Kelinci, Pasar Baru. Sejujurnya, cukup banyak penjual mi lezat yang kualitasnya perlu diacungi jempol. Dua jempol juga boleh.

Salah satu tempat makan mi kesukaan saya adalah Bakmi Toko Tiga. Penamaannya agak salah kaprah. Mestinya cukup "mi" saja, karena "bakmi" mengacu pada mi yang memakai bak alias babi. Padahal, Bakmi Toko Tiga – sekarang – sudah mem-posisi-kan dirinya sebagai rumah makan halal.

Awalnya memang sebuah warung kecil di kawasan Pecinan. Karena warung itu letaknya di Jalan Toko Tiga, maka orang pun menyebutnya sebagai Bakmi Toko Tiga. Julukan para pelanggannya itulah yang malah dibakukan menjadi nama resmi warung ini. Selain di warungnya yang pertama, generasi baru Bakmi Toko Tiga kini sudah menghadirkan dua cabang baru di tempat yang lebih "terpandang". Cabang pertama berlokasi di Jl. K.H. Wahid Hasyim 63A (021 3140902, 31930301), dan di TIS Square, Jl. Letjen M.T. Haryono 8 (021 8295464, 8297769).

Favorit saya di sini sebetulnya justru bukan masakan mi, melainkan lumpia udang (Rp 43 ribu). Lagi-lagi, ini juga istilah yang membingungkan. Yang dimaksud lumpia udang di sini sebetulnya adalah he keng - yaitu udang cincang, dicampur ayam cincang dan berbagai bumbu, dibentuk seperti sosis, lalu dipotong-potong dengan ketebalan sekitar satu sentimeter, dan digoreng garing. Mak nyuss!

Dari semua masakan mi - kuah, goreng, siram, lomi (kuah kental) - favorit saya adalah ifumi (Rp 28 ribu). Mi-nya digoreng garing sampai seperti krupuk, lalu disiram dengan kuah kental dan isiannya: udang, ayam, irisan bakso, kekian, dan lain-lain. Harus segera dimakan, supaya kriuknya mi garing tidak berubah menjadi soggy.

Yang saya sukai dari Bakmi Toko Tiga adalah karena mereka tidak hanya jualan mi. Dari menu nasi saja ada berbagai sajian: nasi goreng, nasi goreng tom yam, nasi goreng ikan asin, nasi tim, nasi hainan, dan nasi capcay (Rp 20-28 ribu). Juga tersedia berbagai sayur, seperti: buncis, brokoli, kailan, dan kangkung yang dapat dimasak cabe garam, cah ebi, atau cah sapi.

Kita juga bisa "makan tengah" di sini, dengan memilih berbagai menu sapo, ayam, daging sapi, maupun seafood (ikan, cumi, udang). Yang pernah saya coba dan rekomendasikan antara lain adalah: ikan tahu tausi (Rp 58 ribu), udang gandum (Rp 48 ribu), dan cumi cabe garam (Rp 40 ribu).

Lain kali, bila Anda merayakan ulang tahun dan ditagih traktiran oleh teman-teman, mungkin Bakmi Toko Tiga dapat menjadi pilihan. Tidak bakal membuat Anda bangkrut, sementara teman-teman Anda makan kenyang dan puas. (Bondan Winarno)

Bakmi Toko Tiga
Jl. Toko Tiga 56A
Jakarta Pusat
021 6904111, 6900783

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com