7 Jenis Teh Susu Populer di Dunia, Racikan Taiwan hingga Inggris

ADVERTISEMENT

7 Jenis Teh Susu Populer di Dunia, Racikan Taiwan hingga Inggris

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 06 Des 2022 08:00 WIB
Teh hitam vs teh susu, penjelasan mana teh yang paling sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa racikan teh susu yang populer di dunia. Setiap racikan memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari yag populer di Taiwan hingga Inggris.

Teh susu merupakan racikan teh yang dicampur dengan susu. Biasanya menggunakan jenis teh hitam yang rasanya agak pekat, lalu dicampurkan susu hingga menghasilkan rasa yang creamy.

Dilansir dari Dreamy Cup (21/4/2022), ternyata racikan teh susu hadir di beberapa negara. Setiap racikannya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari khas Taiwan hingga Inggris.

Baca Juga: Teh Hitam Vs Teh Susu, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi?

Berikut 7 racikan teh susu yang populer di dunia:

1. Assam Milk Tea

Assam Milk Tea adalah teh susu yang terbuat dari daun teh assamica. Daun teh tersebut banyak ditanam di Taiwan Tengah.

Rasa teh yang dihasilkan dari daun assamica ini sangat kuat, terasa pahit dan asam yang nendang. Oleh karenanya, harus menambahkan susu agar rasanya seimbang.

2. British Milk Tea

5 Alasan Orang Inggris Minum Teh Campur Susu, Tradisi Sejak Abad 18teh susu ala Inggris Foto: Getty Images/iStockphoto/agcreations

Budaya minum teh juga hadir di Inggris. Biasanya mereka menikmati teh dengan campuran susu atau dikenal dengan British Milk Tea.

Racikan teh susunya juga menggunakan jenis teh hitam yang rasanya kuat. Setelah teh hitam siap, tinggal mencampurkannya dengan susu full cream dan gula. Secangkir teh susu ini jadi creamy dan manis.

3. Bubble Tea

Racikan teh susu di Taiwan juga ada yang modern, namanya bubble tea atau boba tea. Disebut seperti itu karena racikan teh susunya ditambahkan mutiara tapioka yang disebut boba.

Bubble tea awalnya diracik menggunakan teh hitam, namun belakangan ini menggunakan beragam jenis teh. Ada yang menggunakan varian teh hijau, teh melati, matcha, hingga minuman rasa buah.

4. Chai Milk Tea

Resep Teh Susu RempahTeh Susu Rempah atau chai tea Foto: iStock

Chai milk tea merupakan racikan teh susu asal India. Chai dalam bahasa India memiliki arti teh. Racikan teh susu India ini agak unik karena menggunakan campuran aneka rempah.

Bahan utama untuk membuat teh susu ini adalah teh hitam yang rasanya kuat, susu, dan rempah seperti cengkeh, jahe, kayu manis, kapulaga, dan lainnya. Racikan teh ini biasa dinikmati dengan tambahan gula.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Inggris Minum Teh Campur Susu, Tradisi Sejak Abad 18



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT