ADVERTISEMENT

5 Jajanan Enak di Area TPU Tanah Kusir, Sate Kikil hingga Es Cendol Padang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 30 Jan 2022 10:00 WIB
Jajanan di Tanah Kusir, Ada Sate Kikil hingga Es Cendol Padang
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

TPU Tanah Kusir dulunya terkenal menyeramkan, tapi kini untuk sebagian orang area tersebut tak lagi menyeramkan. Di sini banyak muncul penjual jajanan kaki lima yang ramai pelanggan.

Dulu TPU Tanah Kusir selalu masuk ke dalam daftar pemakaman paling menyeramkan. Hal ini lantaran banyaknya cerita misteri yang dialami oleh beberapa orang di sini.

Kini tampaknya tempat pemakaman umum itu tak lagi menyeramkan untuk sebagian orang, terutama di pagi dan siang hari. Karena, kawasan tersebut sudah bisa bebas dilalui kendaraan yang menghubungkan Ulujami dengan Tanah Kusir.

Apalagi saat ini di dekat area Tanah Kusir banyak berdiri RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan danau yang difungsikan untuk tempat bersantai dan olahraga. Salah satunya RPTRA Abdi Praja yang dibuka Januari 2018 lalu.

Jajanan di Tanah Kusir, Ada Sate Kikil hingga Es Cendol PadangDekat area TPU Tanah Kusir kini banyak ditemui beragam penjual jajanan kaki lima. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Karena menjadi tempat bersantai, membuat kawasan ini dipenuhi penjual makanan kaki lima yang menggunakan gerobak maupun lapak meja. Jenis jajanan yang ditawarkan beragam seperti martabak mini hingga sate kikil yang ramai pelanggan.

Awalnya penjual makanan ini hanya berjualan pada Minggu di pagi hari. Namun sekarang penjual makanan kaki lima ini juga boleh berjualan setiap hari saat sore.

Baca Juga: Wong Fu Kie, Restoran Hakka Autentik di Jakarta Berusia Nyaris Seabad!

Berikut 5 jajanan enak yang bisa ditemui di kawasan Tanah Kusir:

1. Martabak Mini

Jajanan di Tanah Kusir, Ada Sate Kikil hingga Es Cendol PadangAda martabak mini seharga Rp 2.000-an yang ditawarkan di area jajanan Tanah Kusir. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kalau menyukai makanan manis, jajanan ini tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kawasan RPTRA di samping Tanah Kusir. Lokasinya berada tepat di depan jalan yang mengarah ke area danau.

Penjual martabak mini ini berjualan setiap Minggu pagi. Pilihan rasa martabaknya beragam, ada cokelat, cokelat keju cokelat kacag, keju susu, dan lainnya.

Martabak mini di sini selalu disajikan selagi hangat. Untuk menikmatinya juga cukup membayar Rp 2.000 per buah.

2. Sate Kikil Cilacap

Jajanan di Tanah Kusir, Ada Sate Kikil hingga Es Cendol PadangSate kikil di Tanah Kusir ini selalu ramai pelanggan. Habis ribuan tusuk per hari. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Saat mengunjungi RPTRA samping Tanah Kusir pasti gerobak sate kikil satu ini langsung mencuri perhatian. Pembelinya tak pernah sepi.

Sate Kikil Cilacap ini sudah ditawarkan sejak tahun 2018 di mana RPTRA Tanah Kusir dibuka untuk umum. Tak heran kalau gerobaknya selalu ramai diserbu pelanggan. Apalagi harga satenya yang terjangkau yaitu Rp 1.000 per tusuknya.

Tak hanya sate kikil, tapi ada juga sate kulit dan sate usus. Aneka sate di sini diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning, kemudian dibakar di atas arang. Lalu disajikan dengan siraman sambal kacang yang manis gurih.

Baca Juga: 25 Istilah Babi dalam Komposisi Makanan yang Harus Dicermati Muslim



Simak Video "Jelajahi Pusat Kuliner dan Jajanan di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT