Tak Banyak yang Tahu, Beras Bisa Disimpan Hingga 30 Tahun

Devi Setya - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 09:00 WIB
Beras yang disosoh dan tidak disosoh Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai salah satu makanan utama, beras selalu habis dalam waktu singkat. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata beras bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan hingga 30 tahun!

Di negara yang masyarakatnya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, tentu di rumahnya punya stok beras. Sebanyak apapun stok beras tersebut, biasanya akan habis dalam waktu singkat. Tidak banyak orang yang memiliki stok beras untuk jangka waktu bertahun-tahun.

Tapi lain halnya jika stok beras ini ada di gudang besar, pusat penyimpanan beras misalnya. Tentu ada ratusan ton beras yang disimpan di sana. Beras termasuk komoditas bahan pangan yang kering sehingga bisa dan aman disimpan dalam jangka waktu lama.

Bukan Nasi, Wanita Ini Hobi Mukbang Makan Beras MentahTak Banyak yang Tahu, Beras Bisa Disimpan Hingga 30 Tahun

Dilansir dari EatbyDate (3/2) beras memiliki umur simpan yang lama, untuk jenis beras putih biasanya punya waktu ideal 4-5 tahun penyimpanan. Dan angka ini bukanlah patokan utama karena jika cara penyimpanannya benar, beras akan tetap berkualitas meskipun disimpan lebih dari 5 tahun.

Umur simpan beras dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis beras, dimasak atau tidak, kemasannya, dan cara penyimpanannya. Inilah sebabnya dalam kemasan beras tidak pernah tercatat tanggal kadaluarsa.

Untuk jenis beras putih, usia simpan idealnya yakni 4-5 tahun. Namun ketika dikemas dalam keadaan kedap udara maka bisa bertahan lebih lama yakni 25-30 tahun.

Sementara untuk jenis beras coklat hanya mampu disimpan selama 6-8 bulan. Lain lagi jika disimpan dalam suhu dingin, beras coklat bisa disimpan hingga 1 tahun. Kamu bisa mengandalkan lemari es untuk menyimpan beras coklat agar kualitasnya tidak menurun drastis.

Lantas bisakah beras membusuk?

Karena beras memiliki umur simpan yang panjang jika dibiarkan kering, sulit untuk mengetahui apakah beras sudah busuk. Satu hal yang harus diperhatikan adalah keberadaan kutu beras. Jika kamu melihat kutu beras dalam jumlah banyak maka tandanya kualitas beras sudah mulai buruk.

Beli Beras Tak Sesuai EkspektasiTak Banyak yang Tahu, Beras Bisa Disimpan Hingga 30 Tahun Foto : iStock

Untuk jenis beras merah dan beras coklat bisanya akan berubah jadi berminyak dan mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini dikarenakan asam lemak esensial dalam beras yang membusuk saat teroksidasi.

Cara terbaik untuk menyimpan beras adalah di wadah kedap udara atau tempat gelap dan sejuk dengan suhu konstan. Untuk penyimpanan jangka panjang, kamu bisa menyimpan beras di dalam freezer.



Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com