Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Pagi Hari, Lantas Kapan?

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 05:00 WIB
Nenek 70 Tahun Ini Coba Racuni Kopi Suaminya Pakai Racun Kecoa Foto: iStock/Site News/Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Pagi Hari, Lantas Kapan?
Jakarta -

Banyak orang mengonsumsi kopi di pagi hari dengan alasan meningkatkan kinerja. Namun, pagi hari bukan waktu terbaik minum kopi. Lantas, kapan waktu yang tepat mengonsumsi kopi?

Waktu Terbaik Minum Kopi

Dikutip dari buku 'Coffee: Karena Selera Tidak Dapat Diperdebatkan' karya Dani Hamdan & Aries Sontani ilmuwan berpendapat waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah di pukul 9.30 hingga 11.30. Hal itu berkaitan dengan waktu interaksi kafein dari kopi dan hormon kortisol dalam tubuh.

Diketahui, hormon kortisol dalam tubuh berada pada titik tertinggi pada waktu bangun tidur. Adapun, waktu yang dilarang minum kopi yakni pada puncak munculnya hormon kortisol pukul 08.00 hingga 09.00.

Bila mengonsumsi kopi di waktu tersebut, jam internal tubuh akan terganggu. Sebab, kopi mengandung kafein yang memengaruhi tingkat kewaspadaan dan membuat tubuh berenergi.

  • Berapa Kali Minum Kopi dalam Sehari?

Menurut penelitian dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry tahun 2002 minum kopi lebih dari 5 gelas per hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pada pembuluh darah. Selain itu, berlebihan mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan insomnia, sakit kepala, tegang, hingga cepat marah.

Sementara itu, berdasarkan penelitian dari University of Southampton porsi terbaik mengonsumsi kopi dalam sehari adalah 3-4 cangkir. Kelebihan dari itu, bisa meningkatkan risiko osteoporosis, dehidrasi, sembelit, hingga iritasi lambung.

  • Manfaat Minum Kopi

Mengonsumsi di waktu terbaik minum kopi bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh. Misalnya, meningkatkan fungsi otak karena kafein bersifat stimulan yang bisa meningkatkan daya ingat, hingga kewaspadaan.



Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com