Kepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 Juta

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 18:00 WIB
Kepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 Juta Foto: SP Auctions/Gareth Fuller
Jakarta -

Dibuat jadi hiasan dinding, kerangka kepiting laba-laba Jepang yang langka ini siap dilelang online. Harganya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepiting laba-laba Jepang atau dikenal juga dengan nama Japanese spider crab. Punya sejarah yang menarik karena memiliki kaki-kaki yang panjang.

Baca Juga: Pecahkan Rekor! Kepiting Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 256 Juta

Berbeda dengan kepiting lainnya, kepiting laba-laba ini panjang kakinya bisa mencapai 3,8 meter dan berat mencapai 19 kg. Disebut juga sebagai kepiting terbesar di dunia, spesies asal perairan Jepang ini cukup langka dan diburu banyak orang.

Kepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 JutaKepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 Juta Foto: Wiki

Dilansir dari Telegraph UK (29/10), baru-baru ini tempat lelang Summers Place Auctions di Billinghurst, Inggris, menampilkan koleksi terbaru mereka.

Dalam acara pelelangan 'Evolution Sale', mereka siap melelang hiasan dinding berupa kerangka asli kepiting laba-laba langka berukuran besar.

"Interior desain, sebuah kepiting laba-laba Jepang yang langka dan besar diletakkan di atas bingkai," tulis keterangan Summer's Place Auctions.

Ukuran hiasan dinding langka ini mencapai 170 meter. Menurut mereka kepiting laba-laba ini sangat langka sejak dulu, dan biasanya selalu diolah menjadi makanan di Jepang.

Kepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 JutaKepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 Juta Foto: SP Auctions/Gareth Fuller

"Sesuai namanya, spesies kepiting ini muncul di Jepang. Biasanya mereka diolah menjadi hidangan khas Jepang yang enak. Biasanya yang muncul adalah kepiting laba-laba berukuran kecil. Karenanya ketika kepiting laba-laba raksasa ini muncul, banyak warga lokal di Jepang yang terkejut," lanjut keterangan tersebut.

Nantinya hiasan kepiting langka ini akan dilelang pada tanggal 24 November mendatang. Kisaran harga yang ditaksir berkisar dari £8,000 - £12,000 (Rp 153 Juta - Rp 227 Juta).

Orang-orang yang tertarik mulai bisa memasukkan harga yang mereka inginkan lewat situs Summer's Place Auctions. Nantinya hasil akhir pelelangan akan diumumkan di tanggal 24 November.

Selain koleksi hiasan kerangka kepiting langka, Summer's Place Auctions juga melelang berbagai fosil ikan berusia ratusan tahun.

Kepiting Laba-laba Jepang Langka Ini Harganya Ditaksir Rp 227 JutaFosil ikan Coelacanth Foto: SP Auctions/Gareth Fuller

Seperti fosil ikan Coelacanth, yang dipercaya sudah punah dari 70 juta tahun yang lalu. Namun muncul kembali di Afrika Selatan pada tahun 1938 hingga fosilnya diawetkan. Fosil ikan ini tidak main-main, harganya ditaksir mencapai £50,000 (Rp 960 juta).

Tak hanya kepiting laba-laba yang menarik perhatian. Sebelumnya seekor kepiting jenis Snow Crab asal Jepang berhasil dilelang di harga Rp 647 juta. Langsung memecahkan rekor harga tertinggi untuk snow crab.

Baca Juga: Ini Kepiting Jepang Termahal yang Harganya Setara Mobil Mewah!



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)