Unik! Tahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang Membutuhkan

Devi Setya - detikFood Senin, 19 Okt 2020 13:00 WIB
Tahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang Membutuhkan Foto: instagram@dramaojol.id/Kita Bisa
Jakarta -

Mobil tahu bulat yang satu ini tampak berbeda. Bukan untuk dijual, tahu bulat dan paket nasi bungkus justru dibagikan gratis untuk orang yang membutuhkan.

Hafal dengan jingle tahu bulat yang biasa dijajakan keliling menggunakan mobil? Nah kalau penjual tahu bulat yang satu ini beda dan unik.

Mobil khas penjual tahu bulat yang keliling kawasan Jakarta Selatan ini membawa paket makanan gratis. Tak ketinggalan, sebungkus tahu bulat juga dibawa untuk dibagikan secara cuma-cuma.

Tahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang MembutuhkanTahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang Membutuhkan Foto: instagram@dramaojol.id/Kita Bisa

Foto dan video mobil tahu bulat yang diunggah di akun instagram @dramaojol.id ini langsung menarik perhatian netizen. Ada 50 paket nasi bungkus dan tahu bulat yang dibagikan khusus untuk para pekerja informal seperti pemulung, pedagang kaki lima, pengemudi ojol dan masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui, mobil tahu bulat unik ini sudah beroperasi keliling kawasan Jakarta Selatan mulai dari Pasar Minggu, Jagakarsa dan Kebagusan sejak 29 September-16 Oktober 2020.

"Nasi tahu bulat
dikasih gratisan
Buat yang membutuhkan
Kagak perlu bayar
Gurih-gurih Nyooooy.." bunyi jingle dari speaker mobil tahu bulat ini.

Dari keterangan media yang kami terima, aksi unik ini terlaksana berkat gotong royong masyarakat. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangannya selama pandemi.

Dari foto yang diunggah, terlihat mobil tahu bulat ini dihampiri dan menghampiri beberapa orang. Seperti petugas penyapu jalan, rombongan pengamen ondel-ondel, driver ojol serta pemulung. Senyum dan rona bahagia terpancar jelas dari wajah masyarakat penerima bantuan makanan gratis ini.

"Semenjak Pandemi, dagangan saya menurun 40%. Karena ada kegiatan ini jadi saling bantu. Setiap hari saya bantu bagikan 50 paket nasi bungkus dan 50 bungkus tahu bulat. Biasanya saya pilih-pilih orang yang dibagikan seperti pemulung, pedagang, petugas pembersih jalan. Saya senang dapat bantu menyalurkan, semoga bisa berkah untuk semuanya", Daffa, penjual tahu bulat.

Kegiatan ini bekerjasama dengan komunitas Turun Tangan dan donasi dari ribuan #orangbaik melalui program kitabisa.com/bisamakan. Program BisaMakan merupakan program yang diinisiasi KitaBisa untuk membantu memberi makanan kepada masyarakat yang kelaparan.

"Kaget tadi pas lihat spanduknya gratis, kirain tukang tahu bulat biasa makanya sempet ragu mau samperin. Tapi pas denger suaranya, baru deh yakin. Di saat kayak gini orderan sepi, jadi seneng kalo ada makanan gratis kayak gini. Terima kasih orang baik atas bantuannya." ujar Ester seorang driver ojol.

Tahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang MembutuhkanTahu Bulat Ini Dibagikan Gratis untuk Orang Membutuhkan Foto: instagram@dramaojol.id/Kita Bisa

Netizen yang melihat unggahan mobil tahu bulat gratis ini pun banyak melemparkan komentar positif. Sebagian besar berharap agar semakin banyak aksi serupa yang bisa memberikan dampak besar bagi orang yang membutuhkan.

"Minimal ada 2 di setiap kota setiap hari, dengan kebaikan hati dan peduli sesama, pasti Indonesia jauh dari kelaparan," kata netizen.

"Karena dari hal kecil pun namanya kebahagiaan pasti nggak akan pernah bisa dibohongi. Semoga rejekinya semakin berlimpah mas, Aamiin," sahut netizen lainnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com