5 Hal di Balik Layar Konten Mukbang yang Jadi Keluh Kesah

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 14:32 WIB
Mukbang Foto: Istimewa
Jakarta -

Mukbang, makan di depan kamera dan mendapat bayaran memang menyenangkan. Namun, dengan segala tuntutan dan efek samping kesehatan, apakah mukbang merupakan pekerjaan impian atau mimpi buruk?

Mukbang merupakan konten dengan menampilkan adegan makan makanan dengan porsi yang jumbo. Tren mukbang berasal dari Korea dan kini banyak digandrungi banyak YouTuber dari segala penjuru dunia.

Menurut International Journal of Mental Health and Addiction, orang yang suka menonton mukbang bisa menemukan kepuasan saat menonton sambil makan. Bahkan mereka berlomba-lomba menampilkan makanan menarik untuk menarik perhatian penonton.

Tak sedikit yang memilih makanan nyeleneh dan terkesan menjijikkan. Ada pula YouTuber yang melakukan kecurangan dalam video mukbangnya demi membuat susbcribernya bertahan. Belum lagi ancaman gangguan kesehatan yang disebabkan karena mukbang. Lantas, apakah mukbang adalah pekerjaan impian atau mimpi buruk?

Berikut ini lika-liku dibalik layar konten mukbang.

1. Memerlukan Waktu yang Lama

YouTuber Korea Mukbang Makanan MinimarketYouTuber Korea Mukbang Makanan Minimarket Foto: YouTube

Saat menonton video mukbang, pasti banyak yang terkesima dengan video yang hanya berdurasi kurang lebih 20 menit tetapi semua makanan berhasil dilahap habis. Namun, perlu kamu ketahui bahwa setiap pelaku Mukbang selalu menghabiskan waktu lama untuk membuat video mukbang.

Apalagi ketika pelaku mukbang harus mencari makanan tertentu yang sulit ditemukan. Bisa jadi mereka sampai menyusuri berbagai daerah hingga negara untuk mendapatkan makanan yang diinginkan. Berbeda dengan vlog biasa yang hanya perlu merekam kegiatan dan mengedit setelahnya.

Video mukbang mengharuskan kamu membeli banyak makanan, duduk, menghabiskan berjam-jam, membuka topik pembicaraan sambil makan, hingga membersihkan bekas mukbang. Baru setelah itu dilakukan proses editing untuk diunggah di channel YouTube.

Baca Juga : Unik! 5 YouTuber Korea Ini Doyan Mukbang Makanan Minimarket

2. Efek Samping Kesehatan Tubuh

Namjoo Apink mukbangNamjoo Apink mukbang Foto: YouTube

Pasti banyak yang menyebut bahwa apa yang dilakukan pelaku mukbang sangat enak, karena bisa makan makanan enak dalam porsi yang banyak. Bisa jadi iya, tetapi kamu harus tahu efek samping kesehatan tubuh karena mukbang itu sendiri. Pertama, makan berlebihan tidaklah dibenarkan.

Hal tersebut bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya kebiasaan makan buruk hingga obesitas. Tak hanya itu, dengan menunjukkan betapa menggugah selera dan kelezatan makanan kepada penonton, bisa memengaruhi mereka untuk makan banyak juga.

Menurut ahli Gizi MD Anderson, orang yang makan berlebihan menyebabkan perut menjadi membesar menyesuaikan dengan jumlah makanan, sehingga saat perut mendorong organ lain, maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, seperti lesu dan cepat ngantuk.

Selain itu, dengan makan banyak lambung akan menghasilkan asam klorida yang bisa mengakibatkan mules, terutama saat kamu mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, seperti burger, keju, dan pizza. Jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan obesitas, kanker, gangguan pencernaan, hingga penyakit kronis lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mukbang Seafood Cuma-cuma Bagi Penghapal Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com