Masak Apa Hari Ini : Bebalung dan Pelecing Kangkung Khas Lombok

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 04 Mar 2020 08:30 WIB
RM Suranadi Lombok Foto: detikFood
Jakarta -

Makanan dari pulau Lombok yang pedas menyegarkan bisa menambah semangat. Dibuat dari bahan segar pastinya rasanya sedap dan nikmat.

Kejenuhan menyantap makanan yang itu-itu saja bisa And aatasi dengan selingan menu enak dari berbagai daerah. Seperti Bebalung, sup iga sapi berbumbu gurih enak dimakan hangat. Lebih berbumbu daripada sup iga biasa.

Lalu ada juga Ayam Taliwang yang tersohor dengan gigitan rasa pedasnya. Dibuat dari ayam kampung pastinya gurih enak rasanya. Dinikmati dengan tangan bersama nasi hangat dijamin makan jadi makin nikmat.

Kangkung yang sederhana bisa menjadi sajian menarik selera. Hanya ditambah sambal dengan tomat segar rasa segar kangkung makin terasa. Apalagi ditambah taburan kacang tanah goreng.

Pilihan resep-resep menyegarkan khas pulau Lombok dari detikfood ini bisa jadi alternatif menu keluarga. Rasa sedap alami hidangan Lombok tak ada duanya. Mau coba resep yang mana dulu?

Masak Apa Hari Ini : Bebalung dan Pelecing Kangkung Khas LombokFoto: detikcom



1. Bebalung

Iga sapi lokal yang direbus perlahan dengan bumbu hingga empuk jadi sajian spesial khas Lombok. Tak banyak orang tahu jika Lombok punya sajian daging sapi yang sedap. Makin enak jika disantap selagi hangat.

Untuk iga sapi pilih yang short rib, sapi lokal yang tak terlalu berlemak. Minta tukang daging memotong-motong 3-4 cm. Cuci bersih hingga bekas darah dan kotorannya larut lalu tiriskan hingga kering airnya.

Uniknya sup iga sapi ini memakai campuran daun kedondong atau daun asam Jawa. Kedua daun ini akan memberi aksen segar dan membantu mengempukkan daging. Rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Bebalung dan Pelecing Kangkung Khas LombokFoto: iStock/detikfood



2. Pelecing Kangkung

Kangkung Lombok biasanya ditanam di tepian sawah. Ukurannya besar dengan daun yang lebar dan tebal. Kangkung ini enak direbus dengan cocolan sambal. Teksturnya renyah dan segar rasanya.

Siangi kangkung, potong atau petiki daunnya dan batangnya yang muda sepanjang 3 cm. Jika besar batangnya, belah jadi dua. Cuci bersih di bawah air mengalir. Kemudian tiriskan. Rebus dalam air mendidih yang dibubuhi garam hingga hampir lunak. Tiriskan dan rendam segera dalam air es hingga dingin dan tiriskan.

Sambal pelengkap pelecing ini hanya terbuat dari cabai merah, garam, terasi dan garam. Tuangkan sambal ke atas kangkung rebus dan taburi dengan kacang tanah. Ikuti cara membuat plecing kangkung di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Bebalung dan Pelecing Kangkung Khas LombokFoto: Istimewa



3. Ayam Taliwang

Ayam dengan bumbu cabai dikenal sebagai ayam Taliwang karena berasal dari desa Taliwang. Ayam bisa dibakar di atas api atau digoreng. Umumnya dipakai jenis ayam kampung yang muda.

Pilih ayam kampung muda dan biarkan utuh. Belah bagian punggung ayam hingga ayam jadi melebar saat dibentangkan. Lipat ke arah belakang kedua sayapnya dan tusuk dengan tusukan bambu agar ayam terbuka lebar.

Jika dibakar, olesi ayam dengan bumbu sambil balik-balik agar bumbu meresap rata ke seluruh bagian ayam dan ayam matang. Sajikan ayam dengan sisa bumbunya. Ikuti petunjuk resep ini untuk tahapan pembuatannya.



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com