Masak Apa Hari Ini : Sup Texas dan Spaghetti Jamur yang Lezat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 08:30 WIB
spaghetti aglio olio Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan barat yang bisa dibuat sendiri karena mudah dan enak. Seperti sup gaya Texas yang pedas segar. Atau spaghetti jamur yang gurih enak.

Makanan gaya Texas punya rasa pedas, gurih asam karena pengaruh kuliner Mexico. Sup enak ini bisa bangkitkan semangat. Isiannya selain daging juga kacang merah dan tomat dengan rasa menyegarkan.

Bikin beefsteak tidaklah sulit. Apalagi memakai gaya tumisan yang praktis. Bumbu yang sederhana dan lada hitamnya bikin rasanya gurih hangat. Apalagi dimakan dengan kentang rebus atau nasi hangat.

Spaghetti? seluruh keluarga tentu suka. Mudah dipadukan dengan aneka bahan sesuai selera. Bisa dipadukan dengan sayuran dan terung yang juicy menyegarkan. Makin enak ditambah taburan keju parut.

Variasi masakan harian akan membuat keluarga selalu semangat makan. Beberapa pilihan resep detikfood ini bisa jadi ide untuk sajikan menu berselera bagi keluarga. Jadi hari ini mau masak yang mana?

Masak Apa Hari Ini : Sup Texas dan Spaghetti Jamur yang LezatFoto: detikcom



1. Sup Texas Chilli Bean

Inspirasi sup ini dari chilli bean yaitu stew daging cincang dengan kacang merah, paprika, dan tomat hingga rasanya gurih asam segar. Bisa jadi alternatif kalau bosan bikin sup daging.

Untuk mendapatkan gurih yang pas, gunakan daging tetelan has dengan lapisan lemak. Rebus hingga daging dan lemaknya lunak lalu tambahkan bahan dam bumbu lainnya.

Kacang merah dalam resep bisa dipakai kacang merah segar, kering atau kalengan. Kacang merah kering sebaiknya direndam hingga mengembang baru direbus hingga empuk. Kacang merah yang manis empuk ini menambah lezat rasa sup. Ikuti langkah pembuatannya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Texas dan Spaghetti Jamur yang LezatFoto: detikfood



2. Beefsteak Iris Lada Hitam

Bikin beefsteak gaya Barat sebenarnya sangat mudah karena daging steak tak perlu dibumbui. Hanya perlu dipanggang dengan tingkat kematangan tertentu saja. Tetapi jika ingin praktis daging dan saus bisa dimasak bersamaan.

Solusinya daging diiris tipis. Pilih daging sapi has dalam atau daging sirloin dan potong tipis dengan ukuran sama. Bumbu dimasak bersama dengan daging hingga meresap dan daging empuk.

Khusus untuk lada hitam ada baiknya memarkan saat akan dipakai agar aroma dan rasa pedasnya tetap tajam. Tambahkan jumlahnya jika suka rasa pedas atau panas lada yang kuat. Resep dan cara membuatnya bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Sup Texas dan Spaghetti Jamur yang LezatFoto: detikcom



3. Spaghetti Jamur dan Terung

Spaghetti merupakan jenis pasta yang paling populer karena bentuknya seperti mie. Untuk paduannya bisa memakai saus berbasis saus tomat atau sekedar ditumis dengan paduan beragam sayuran.

Yang penting pilih spaghetti dari durum wheat. Rebus dengan air yang cukup hingga tingkat kematangan ' al dente' agak keras di bagian tengah. Agar tetap enak, sisihkan sedikit air perebusnya untuk diaduk dengan bumbu dan sayuran.

Pilih jamur champignon yang segar dan putih mulus. Tumis hingga kecokelatan dan menyusut. Demikian juga dengan terung Jepang, potong dengan ukuran sama agar bisa matang bersamaan. Tahapan pembuatan pasta ini bisa dilihat di sini.




Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com