ADVERTISEMENT

Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah Gurih

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Selasa, 03 Sep 2019 10:58 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Lele goreng yang garing renyah enak dimakan dengan sambal dadak dan nasi hangat. Ikuti tips ini agar hasilnya ikan lele bisa garing gurih.

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer dan murah harganya. Biasa diperlihara di empang-empang halaman rumah sebagai ikan konsumsi yang murah dan bernutrisi.

Jika ingin membuat lele goreng sendiri, sebaiknya belilah ikanlele yang masih hidup. Pilih jenis ikan lele yang berkulit abu-abu muda dan bersih. Ikan lele berukuran sedang, dengan isi 5 ekor per kilogramnya cocok digoreng kering.

Mintalah penjualnya membersihkan isi perut dan memotong kepalanya. Karena kepala lele besar ukurannya dan beberapa orang tak menyukainya. Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk menggoreng ikan lele yang garing dan gurih.

Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah GurihFoto: iStock

1. Cuci lele

Setelah dibersihkan isi perutnya, cuci bersih ikan lele hingga tak ada sisa darah. Tiriskan hingga benar-benar kering airnya. Kerat-kerat kedua sisi badan lele dengan pisau tajam. Agar saat digoreng bumbu bisa meresap ke dalam daging ikan.
Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah GurihFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini


2. Siapkan bumbu

Sebagai bumbunya, untuk 1 kg ikan lele, siapkan : 5 siung bawang puih, 1 sdt ketumbar, 1 cm kunyit, 1 cm jahe, 1/2 sdt gula pasir dan 2 sdt garam. Tumbuk semua bahan bumbu hingga halus. Larutkan bumbu halus dengan 100 ml air lalu aduk hingga rata. Kemudian rendam ikan lele dalam bumbu selama minimal 30 menit.
Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah GurihFoto: Dok. Cari Makan

3. Menggoreng lele

Tuangkan minyak banyak dalam wajan cekung dan panaskan di atas api sedang. Pastikan jumlah minyak cukup untuk merendam ikan lele saat digoreng. Goreng hingga kedua sisi badan lele kering. Jika minyak cukup banyak tak perlu dibalik-balik. Saat menggoreng jika sudah tak terdengar suara 'berisik' minyak, berarti ikan lele sudah kering dan matang.

Cara Membumbui Lele Goreng Agar Renyah GurihFoto: Istimewa


4. Penyajian

Ikan lele goreng bisa disajikan dengan sambal dadak, sambal terasi atau sambal rawit berikut lalapan segar. Seperti kol, mentimun dan daun kemangi. Jika ingin menyajikan lele penyet, taruh lele goreng langsung di atas cobek berisi sambal, tekan sedikit lele dengan ulekan hingga agak pipih dan nikmati dengan nasi hangat.



Simak Video "Masak Masak: Resep Mangut Lele Berpadu dengan Pete"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT