5 Lontong Sayur Paling Enak di Indonesia Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 06:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

1. Lontong Sayur Minang

Dikenal sebagai Katupe Sayur atau ketupat sayur, karena memakai ketupat sebagai bahan utama racikan. Menu sarapan ini bisa ditemui di pejual kaki lima di jalan-jalan hingga pasar tradisional. Demikian juga di Jakarta dan beberapa kota besar, tempat warga Sumbar pergi merantau.

Sayur gurihnya memakai santan dengan bumbu kuning sehingga gurih berempah rasanya. Isian sayurnya yang biasa dipakai adalah cibadak atau nangka muda yang dicampur dengan kacang panjang atau buncis juga wortel. Tetapi yang isyimewa adalah sayur paku atau pakis. Pakis yang renyah segar dan gurih enak dimakan dengan ketupat.

Sebagai lauknya bisa dipilih rendang daging, rendang kentang, atau telur balado. Disajikan dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk kanji berwarna pink. Tentu saja sarapan ini selain pedas gurih enak juga mengenyangkan.

Hampir semua warung makan Minang yang buka pagi hari punya menu sarapan ini. Biasanya ditawarkan dengan menu katupe pical yaitu perpaduan ketupat sayur dengan mie goreng yang disiram bumbu pecel. Sajian khas Bukittinggi ini juga enak rasanya.

(odi/odi)