Masak dan Makan di Instagram Jadi Cara Ussy Sulistiawaty Promosikan Restonya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 24 Agu 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penyanyi cantik Ussy Sulistiawaty, semakin serius menggeluti dunia bisnis kuliner. Ia punya cara yang unik, untuk mempromosikan ketiga restorannya.

Mengaku tak pernah sekolah bisnis, atau mempelajari tentang usaha kuliner sebelumnya. Penyanyi sekaligus presenter Ussy Sulistiawaty, sukses mendirikan tiga restoran dengan sentuhan makanan tradisional. Terhitung ada restoran Bakoel Ussy, Lurik Coffee & Kitchen, dan Yummieeh Ussy yang didirikannya.

Baca Juga: Lidah Mercon Buatan Ussy Sulistiawaty Paling Disukai Andhika Pratama
Masak dan Makan di Instagram Jadi Cara Ussy Sulistiawaty Promosikan RestonyaFoto: Istimewa

"Awalnya saya suka banget makan, dan hobi nyari tempat makan. Tapi bukan restoran luar negeri, melainkan restoran khas Indonesia. Di rumah juga saya suka masak buat keluarga, jadi saya memutuskan untuk membuka restoran," jelas Ussy kepada detikFood (22/08).

Diakui Ussy, kecintaannya pada masakan Indonesia membuatnya semangat untuk mendirikan restoran dengan sentuhan sajian nusantara. Seperti Bakoel Ussy contohnya, ia menyuguhkan makanan khas Sunda yang digemari banyak orang. Kemudian untuk Lurik Coffee & Kitchen, Ussy menggabungkan seluruh makanan dari beberapa daerah di Indonesia, dengan paduan Western. Lalu di Yummieeh Ussy, ia memperkenalkan mie gaya tradisional dengan mie gaya China.

"Untuk strategi bisnis ini, aku tidak pernah sekolah bisnis. Awalnya punya usaha make up, jadi tahu bahwa cara promosi paling benar itu lewat media sosial. Salah satunya lewat Instagram, caranya gampang banget, aku hanya perlu makan dan masak makanan yang aku jual, biar orang-orang tertarik untuk mencoba," jelasnya.
Masak dan Makan di Instagram Jadi Cara Ussy Sulistiawaty Promosikan RestonyaFoto: Istimewa

Selain itu, Ussy mengaku ia rutin mengunggah videonya tengah makan di restorannya sendiri, sambil memperkenalkan menu-menu makanannya lewat fitur IG TV di Instagram. Ia juga bisa menjelaskan rasa dan tekstur dari makanan yang dia jual kepada followersnya, sehingga banyak orang untuk tertarik mampir ke restorannya dan mencoba makanannya.

"Dalam seminggu biasanya rutin share makan di tiga restoran ini lewat media sosial. Hasilnya sangat luar biasa," lanjut Ussy yang menekankan mudahnya mempromosikan usaha kuliner di era digital.

"Tekniknya sendiri itu aku menentukan konten. Lewat fitur IG TV, jadi durasi videonya bisa lebih dari 10 menit. Di sana aku menceritakan tentang makanan tersebut, kadang aku juga masak di sana. Karena yang menarik perhatian orang itu adalah ekspresi yang jujur dan tidak dibuat-buat," lanjut istri dari Andhika Pratama ini.
Masak dan Makan di Instagram Jadi Cara Ussy Sulistiawaty Promosikan RestonyaFoto: Istimewa

Ussy juga membagikan sedikit tipsnya untuk menjalankan bisnis kuliner yang sukses, dan disukai banyak orang.

"Kalau kita punya restoran, kita harus ada di restoran itu. Biarpun yang punya artis, tapi kita tidak harus jual nama. Banyak artis yang buka restoran, tapi rasa makanannya tidak diperhatikan melainkan hanya jual nama saja. Makanya aku selalu bilang ke semua chef di restoranku, bahwa jangan karena ini restoran milik artis, mereka masaknya jadi asal-asalan," pungkas wanita berusia 38 tahun ini.

Baca Juga: Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy Sulistiawaty

Simak Video "Ngopi Cantik di Cafe Brick yang Instagrammable"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)