Ramai Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Rius Vernandes Beri Penjelasan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 15 Jul 2019 11:37 WIB
Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes
Jakarta - Garuda Indonesia jadi perbincangan usai menulis daftar menu 'Business Class' dengan tulisan tangan. Adalah Rius Vernandes, YouTuber yang mendapati hal itu. Ia pun memberi penjelasan lewat video terbarunya.

Rius Vernandes dikenal sebagai YouTuber spesialis 'miles'. Ia membagikan banyak konten seputar 'miles' atau poin yang diberikan maskapai penerbangan agar bisa digunakan untuk penerbangan gratis. Banyak netizen pun tertarik dengan konten ini.

Selain 'miles', pemilik restoran Sec Bowl ini juga kerap mengunggah konten ulasan maskapai. Ia menikmati layanan Business Class atau First Class dari maskapai internasional lalu mengulasnya dari berbagai sisi. Tak terkecuali menu yang disuguhkan.

Ramai Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Rius Vernandes Beri PenjelasanRius Vernandes dan Elwi yang merasakan perjalanan dari Sydney ke Denpasar menggunakan Garuda Indonesia (Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes)

Baru-baru ini, Rius dan tunangannya, Elwiana Monica menggunakan Business Class Garuda Indonesia tujuan Sydney - Denpasar - Jakarta. Mereka mendapati daftar menu yang dibagikan pramugari hanyalah kertas tulisan tangan. Merasa ganjil dengan hal ini, Rius pun mengunggah foto daftar menu itu di InstaStory-nya.

Rius lantas jadi perbincangan. Banyak netizen merasa Rius hanya menjelek-jelekkan citra maskapai nasional Indonesia ini. Hal ini juga dikaitkan dengan peran Rius sebagai Key Opinion Leaders (KOL) maskapai nasional negara lain.

Menanggapi hal ini, kemarin (14/7) Rius mengunggah video berjudul 'YANG SEBENARNYA TERJADI DI BALIK MENU TULISAN TANGAN GARUDA BUSINESS CLASS'. Video berdurasi sekitar 21 menit ini menjelaskan duduk perkara dari sisi Rius.

Ramai Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Rius Vernandes Beri PenjelasanRius Vernandes memberi klarifikasi soal menu Garuda Indonesia yang ditulis tangan (Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes)

"Hari ini gue bakal ngereview penerbangan gue dari Sydney ke Denpasar. Gue mau meluruskan apa yang lagi ramai di media sosial tentang menu yang gue post kemarin di Instagram gue," jelasnya di awal video. Rius langsung menyoroti soal menunya. "Hari ini gue mau fokus ngomongin menunya. Gue liat penumpang lain dari jauh dibagiin kertas menu. Kelihatan banget kalau itu tulisan tangan," lanjutnya.

Ia menjelaskan pramugari Garuda Indonesia sempat menjelaskan hal ini padanya. "Maaf untuk menu cardnya kita lagi dalam proses percetakan. Jadi saya ada menuliskan. Jelek tulisannya Pak. Bisa pilih salah satu," kata pramugari seperti terekam di video Rius.

Dari potongan video itu Rius meluruskan apa yang terjadi. "Ada yang bilang itu catetan pramugarinya yang gue ambil secara paksa, terus gue foto. Nggak, itu emang dikasih. Penumpang lain juga dikasih menu itu," tegasnya.

Ramai Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Rius Vernandes Beri PenjelasanMenu yang ditulis tangan oleh pramugari Garuda Indonesia (Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes)

Mendapat daftar menu bertuliskan tangan, Rius dan Elwi sebenarnya memiliki pendapat berbeda. Mereka merasa hal ini ganjil, namun ketika pramugari menjelaskan apa yang terjadi, keduanya merasa maklum. "Waktu cabin crew-nya approach, 'Oh sorry gini gini gini, lagi printing'. Gue bisa ngerasain warmnya. Jadi gue ngerasa its okay. Human touch itu tetep lebih penting daripada lo punya menu tapi judes," kata Elwi.

Hal ini disetujui Rius. Ia mengatakan, "Menu (tulis) tangan ini inisiatif pramugarinya. Ditawarin ke kita juga dengan sopan juga. Jadi nggak masalah juga." Namun yang juga jadi sorotan adalah ketika Garuda Indonesia kehabisan stok wine. Terungkap mereka hanya menyediakan 3 botol champagne untuk Business Class berisi 40 penumpang. Stok wine juga habis di 2 jam penerbangan pertama.

Ramai Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Rius Vernandes Beri PenjelasanPenumpang Garuda Indonesia yang kecewa karena kehabisan wine (Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes)

Rius merasakan atmosfer kekecewaan dari rata-rata penumpang Business Class yang merupakan warga Australia. Ia pun sempat mewawancarai dua penumpang yaitu Paul dan Christian. Keduanya memuji layanan Garuda Indonesia dari segi kenyamanan tempat duduk dan makanan, tapi tidak soal wine.

"Menu ditulis di kertas, kadang-kadang itu terjadi. Itu bisa dimengerti, itu tidak masalah. Itu bisa dimaafkan. Tapi kehabisan wine tidak bisa dimaafkan," ungkap keduanya.

Menanggapi hal ini, Garuda Indonesia sempat membalas kicauan netizen @arieparikesit di Twitter yang mengunggah kembali foto daftar menu bertuliskan tangan. "Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih," sanggah mereka.



Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)