Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe Ini

Eko Susanto - detikFood Rabu, 03 Apr 2019 06:49 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Usai berkeliling candi Pawon, Anda bisa rehat sejenak di sini. Ada kopi luwak harum yang diseduh segar dengan suasana alami. Mari ngopi!

Berwisata di Candi Borobudur, rasanya belum lengkap jika tidak mampir di Candi Pawon. Candi Pawon sendiri masih berada di wilayah Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Di sekitar Candi Pawon juga ada tempat untuk ngopi yang enak dan asri.

Tempat ngopi ini namanya, Pawon Luwak Coffee. Kopi yang dihasilkan di Pawon Luwak Coffee, merupakan kopi asli Indonesia. Di sini, pengunjung bisa belajar proses pengolahan biji kopi dari kotoran luwak atau musang hingga disajikan dalam secangkir kopi.

Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe IniKotoran luwak yang dijemur untuk dikeringkan. Foto: Eko Susanto/detikcom
Bahkan di Pawon Luwak Coffee, pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan hewan luwak sambil nyeruput kopi. Untuk tempat ngopinya pengunjung bisa memilih di rumah utama yang bergaya arsitektur Jawa, maupun di gazebo joglo yang berada di belakang di sekitar rerimbunan pohon kopi maupun kakao.

Pemilik Pawon Luwak Coffee, Prana Aji (56) mengatakan, ide awalnya karena di Candi Borobudur banyak dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Untuk itu, ia ingin menawarkan sesuatu yang menarik dan orisinal Indonesia, kemudian terpikirlah kopi.

Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe IniBiji kopi luwak yang siap diolah. Foto: Eko Susanto/detikcom
"Saya sebagai warga di Borobudur ini mau menambahkan destinasi apa, selain ke Borobudur itu, sesuatu yang menarik yang orisinal Indonesia banget, apa? Terpikirkan seperti itu, jadi karena saya memang dulu-dulunya penggemar kopi, saya mencoba menampilkan sesuatu yang beda dengan yang lain tidak hanya sekadar warung kopi, tapi kami juga memberikan edukasi kepada customer tentang kopi luwak," kata Aji saat ditemui di Pawon Luwak Coffe yang beralamat di Brojonalan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Senin (1/4/2019).

"Kopi yang benar-benar asli Indonesia. Jadi, setiap tamu, kita berikan edukasi bagaimana prosesnya, bagaimana cara pembuatannya dari awal sampai terhidang di secangkir kopi itu. Itu yang kami sampaikan kepada pengunjung seperti itu," tutur Aji yang juga penggemar mobil VW, itu.

Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe IniKopi luwak yang diseduh saat dipesan. Foto: Eko Susanto/detikcom
Pawon Luwak Coffee sendiri dirintis sejak akhir 2013 yang lalu. Kemudian pengunjung yang datang bisa memesan secangkir kopi jenis arabika maupun robusta. Adapun harga secangkir kopi disini sebesar Rp 25.000. Selain itu, pengunjung setelah mencicipi secangkir kopi yang ingin pulang membawa kopi luwak juga tersedia dalam bungkusan ukuran 50 gram dan 100 gram.

"Ukuran hanya dua macam 50 gram dan 100 gram. Arabika yang 50 gram Rp 200.000, yang 100 gram Rp 400.000. Kemudian, kalau robusta per 100 gramnya Rp 250.000, kalau separonya ya Rp 125.000. Terus disini per cangkir murah saja Rp 25.000," katanya.

Selain bisa menikmati kopi asli Indonesia, pengunjung bisa juga berinteraksi dengan 6 ekor luwak yang ada. Luwak tersebut berada di kandang, namun ada yang sudah jinak. "Luwak di sini sifatnya untuk piaraan karena banyak tamu belum tahu luwak seperti apa? Musang seperti apa, luwak yang musang. Ya inilah luwak yang makan kopi binatangnya seperti itu," ujar Aji.

Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe IniBeragam kopi luwak kemasan yang dijual untuk oleh-oleh. Foto: Eko Susanto/detikcom
Pengunjung datang dari mancanegara seperti dari China, Korea, Jepang maupun dari Eropa. Mereka biasana setelah melihat Candi Pawon, kemudian mampir ngopi di Pawon Luwak Coffee.

Saat detikcom berkunjung di Pawon Luwak Coffee ini sempat bertemu dengan empat turis dari Singapura. Mereka keliling di seputaran Candi Borobudur dengan naik sepeda dan mampir mencicipi kopi. Keempat turis ini adalah Alan Ng, Chang Lea, Lester Ng dan Goh Ching Wei, yang dipandu guide setempat.

Usai Berwisata ke Candi Pawon Bisa Nyeruput Kopi Luwak di Kafe IniSuasana pengunjung menikmati kopi luwak. oto: Eko Susanto/detikcom

"Baru pertama kali datang ke sini (Pawon Luwak Coffee). Rasa kopinya lebih halus, lebih mudah diminum," tutur mereka.

Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, Yayo (29) dan Amel (33), yang datang dari Jakarta. Kedua pengunjung ini pun memesan secangkir kopi arabika dan robusta. "Suasana di sini enak, tempatnya adem. Fruit lebih berasa, kemudian enak juga ngopi sambil melihat luwak," tuturnya.

(odi/odi)