Unggah Video Hamster Makan Es Krim, Channel YouTube Ini Diserang Netizen

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 02 Jul 2018 10:54 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Netizen Jepang marah atas perlakuan channel YouTube ini. Menyuapi hamster dengan es krim, video ini dianggap sebagai penyiksaan hewan.

Hamster menjadi salah satu hewan pengerat yang menggemaskan dengan tubuh mungilnya. Ada banyak cara untuk bermain dengan hamster. Tugas kita sebagai manusia dan pemelihara untuk tetap membuat hamster senang dan tidak menyakitinya.

YouTube channel bernama Ham Ham Exploration Party mengkhususkan diri dalam video hamster, beberapa diantaranya telah ditampilkan dalam program TV. Dikutip dalam Sora News 24 (02/07), pemilik channel tersebut telah menjadikan hamster sebagai hewan peliharaannya selama 24 tahun, tetapi setelah ia mengunggah video ini banyak netizen yang menyebut channel ini telah menyalahgunakan hewan peliharaan.

Unggah Video Hamster Makan Es Krim, Channel YouTube Ini Diserang NetizenFoto: (Thinstock)

Diet seimbang adalah kunci untuk menjaga hamster sehat, kebanyakan makanannya terdiri dari biji-bijian kering, sayuran dan buah-buahan. Namun, di channel YouTube channel ini pemilik hamster sering memberi makan hewan peliharaannya makanan yang tidak layak dikonsumsi hamster seperti es krim, soda, sup miso, sake dan bahkan daging mentah.

Baca juga: Lucunya, Hamster Ini Makan Brokoli dengan Sangat Lahap!

Makanan ini mengandung tinggi gula atau sodium dan jika hewan ini sering mengonsumsinya tentu dapat menyebabkan obesitas atau melemahnya sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi, ia juga pernah merekam video yang mengejutkan netizen dengan mengubur seekor hamster di bawah tumpukan salju dan hewan malang ini berusaha mati-matian melarikan diri dari kuburan salju dingin itu.

Unggah Video Hamster Makan Es Krim, Channel YouTube Ini Diserang NetizenFoto: iStock

Netizen Jepang telah melayangkan petisi online untuk menangkap sang pemilik Ham Ham Exploration atas dasar penyalahgunaan hewan peliharaan. Dimulai sekitar setahun yang lalu, gerakan ini mendapat dukungan lebih dari 9.000 orang dan terus bertambah.

Para pecinta hewan menyarankan untuk siapa saja, sebelum memelihara hamster atau hewan peliharaan apa pun sebaiknya mencari tahu informasi legkap tentang makanan dan kesehatan hewan.

Baca juga: Waduh! Demi Dapat Banyak Viewer, YouTuber Ini Makan Hewan Dilindungi

(lus/odi)