Info Kuliner

Meja Tempat Obama dan Bourdain Makan di Hanoi Kini Diabadikan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Mar 2018 12:30 WIB
Foto: CNN Foto: CNN
Jakarta - Meja dan alat makan tempat Obama dan Anthony Bourdain makan di Hanoi, kini diabadikan dalam kotak kaca. Pengunjung rumah makan bisa melihatnya.

Di tahun 2016, dalam program acara 'Parts Unknown' yang ditayangkan oleh CNN, Anthony Bourdain, selebriti chef sekaligus pembawa acara mengunjungi kota Hanoi. Di kota ini ia mencicipi kuliner dan mengunjungi sudut-sudut kota.
Meja Tempat Obama dan Bourdain Makan di Hanoi Kini DiabadikanFoto: CNN
Ia pun menyisihkan waktunya bertemu dengan Presiden Amerika ke-44. Saat itu Barack Obama yang juga berkunjung ke Vietnam untuk mengungumkan pencabutan embargo senjata. Bourdain kemudian memiliki kesempatan istimewa untuk memperkenalkan makanan lokal Vietnam kepada Obama. Ia mengajak orang nomor satu di Amerika tersebut untuk menikmati bun cha di warung makan sederhana Bún chả Hương Liên.

Baca Juga: Presiden Obama Menikmati Bun cha Bersama Anthony Bourdain di Hanoi

Dalam santap malam itu Bourdain dan Obama duduk bersama pengunjung lainnya. Di meja dengan kursi plastik layaknya di warung sederhana. Di meja tersaji bun cha dan bir dingin. Bun cha merupakan sajian tradisional Vietnam Utara yang terdiri dari daging babi panggang, mie beras, kaldu, aneka herba daun dan nuoc cham. Disajikan hangat dan disantap dengan memakai sumpit.

Dua tahun setelah pertemuan tersebut, Bourdain kembali mengunggah foto meja persegi kecil yang sama di Bún chả Hương Liên melalui akun Instagram-nya @anthonybourdain. Namun ada yang sedikit berbeda dengan kondisi meja tersebut.
Meja Tempat Obama dan Bourdain Makan di Hanoi Kini DiabadikanFoto: VN Express
Ternyata Bún chả Hương Liên punya cara yang unik untuk mengabadikan momen orang penting dan tersohor yang datang ke restoran mereka. Bukan dengan foto atau uraian tanda tangan, tapi dengan mengabadikan meja makan serta piring dan kursi yang digunakan oleh Anthony Bourdain dan Barack Obama.

Dilansir dari Refinery29 (13/03), meja, piring dan mangkuk tempat mereka makan kini telah diabadikan dalam kotak kaca besar yang menempel di salah satu sudut dinding restoran.

Meskipun piring dan gelas yang berada dalam kotak kaca itu sudah bersih, tapi posisinya tetap sama seperti ketika Obama dan Bourdain bersantap. Bahkan ada dua botol kosong dari jenis bir yang sama, yang dipesan oleh mereka berdua. Tak lupa kursi plastik yang mereka duduki juga masuk ke dalam kotak kaca berukuran besar itu.
Meja Tempat Obama dan Bourdain Makan di Hanoi Kini DiabadikanFoto: CNN
Menanggapi hal ini, Bourdain sempat merasa bingung, dengan menuliskan keterangan di Instagramnya, "Tidak tahu harus menanggapinya bagaimana," tuturnya.

Bún chả Hương Liên sendiri terkenal memiliki sajian bun cha yang enak di kota Hanoi. Hingga kini restoran sederhana itu selalu ramai dengan pengunjung, apalagi setelah kedatangan Obama dan Bourdain.

Baca Juga: Anthony Bourdain Tak Ingin Makan Bersama Trump (sob/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat