Ini Dia Sensor Pintar yang Bisa Memantau Kesegaran Makanan

Es - detikFood Rabu, 04 Okt 2017 07:09 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Kesegaran makanan jadi masalah penting dalam produksi makanan. Tim peneliti ciptakan alat yang bisa memantau kesegaran makanan dan bisa dimakan.

Tim peneliti telah menciptakan sensor suhu biodegradable yang ditempelkan pada makanan. Walaupun sebelumnya dipakai tag RFID, namun menggunakan logam yang tidak disarankan untuk dimakan dan bahkan bisa saja beracun.

Kemudian peneliti Swiss di Zurich membuat sensor makanan yang lebih aman. Sensor tipis dan dapat dimakan ini yang dapat menempel pada makanan dan melaporkan suhu secara nirkabel.

Baca juga: Edible Silk Sensors, Pendeteksi Kesegaran Makanan yang Bisa Dimakan!

Ini Dia Sensor Pintar yang Bisa Memantau Kesegaran MakananFoto: Techcrunch

Dikabarkan oleh Techcrunch (28/9) tim peneliti, yang dipimpin oleh Giovanni Salvatore di ETH Zurich, melaporkan temuannya di Jurnal Advanced Functioinal Materials.

Mikrosensor super tipis ini dibuat dengan polimer terbuat dari pati jagung dan kentang, magnesium yang dapat dicerna manusia dan silikon dioksida larut air dan nitrida. Pada 16 mikrometer sensor tipis ini jauh lebih tipis dari rambut manusia. Ketipisan rambut manusia ada pada angka 100 mikrometer.

Ini Dia Sensor Pintar yang Bisa Memantau Kesegaran MakananFoto: Techcrunch

Lapisan tipis ini bisa ditekuk, diremas atau tergores dan tetap berfungsi. Stiker ini bisa dutempelkan pada ikan, apel, pisang dan bisa diangkut dengan truk atau transportasi lain. Suhu aktual pada makanan tersebut bisa dicek baik saat di luar ruangan atau di dalam kulkas.

Peralatan nirkablenya memang tidak biodegradeable. Ada di suatu tempat dan terhubung melalui kabel zinc. Sehingga belum sepenuhnya mengatasi masalah dalam produksi makanan. Tetapi jauh lebih baik daripada tidak ada solusi sama sekali.

Baca juga: Sensor Aplikasi iPhone Bantu Uji Makanan Organik (odi/odi)
Load Komentar ...