5 Pemanis Alternatif Pengganti Gula Untuk Minum Kopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Pemanis Alternatif Pengganti Gula Untuk Minum Kopi

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 20 Feb 2023 07:30 WIB
Manfaat minum kopi dicampur susu
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Gula sering ditambah ke dalam racikan kopi untuk memberikan rasa manis. Namun gula berbahaya jika sering dikonsumsi. Sebagai gantinya, bisa pakai 5 pemanis ini.

Kopi telah menjadi bagian dari minuman sehari-hari. Sebagian penikmat kopi menyukai jika kopinya diracik dengan tambahan gula sehingga rasanya manis. Sebenarnya ini tergantung selera. Menurut Perfect Daily Grind, sejak dulu penduduk Eropa memang sudah menambahkan gula ke minuman kopi mereka agar rasanya lebih enak.

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak jenis kopi instan yang mendorong gagasan untuk menambahkan gula ke dalam minuman mereka karena biji robusta yang digunakan untuk kopi sering dianggap pahit dan asam.

Sementara gula dianggap sebagai pelengkap rasa yang enak, tak sedikit juga kekhawatiran muncul karena kopi dengan tambahan gula bisa memberikan dorongan kalori. Praktik ini juga dikhawatirkan bisa memicu penyakit seperti diabetes.

Merangkum tastingtable.com (16/02), sebagai alternatif yang lebih sehat, bisa beralih ke pemanis ini yang tak kalah enak dicampur ke dalam racikan kopi.

1. Gula Aren

Ilustrasi es kopi gula arenEs kopi dengan gula aren bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Namun pemakaian gula aren tetap harus dibatasi. Foto: Shutterstock

Saat ini banyak kedai kopi yang menawarkan racikan kopinya dengan menggunakan gula aren. Gula aren merupakan pemanis yang terbuat dari nira pohon aren. Gula ini punya rasa yang lebih lembut dan tidak semanis gula merah. Secara umum, gula aren juga lebih mudah diolah karena punya tingkat manis yang mirip dengan gula pasir.

Gula aren menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti gula putih biasa. Ini karena produksinya melibatkan proses yang minimal, tanpa ada tambahan bahan kimia. Proses tersebut juga memungkinkan gula aren masih banyak mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kadar gula darah, mendukung kesehatan pencernaan, hingga membantu mengembalikan energi tubuh.

Gula aren direkomendasikan untuk menjadi pemanis pada racikan kopi. Namun penggunaan gula aren juga harus dibatasi, karena asupan gula berlebihan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

2. Stevia

Pemanis buatan dari Stevia.Stevia sering dijadikan alternatif gula pada kopi, namun sering tidak disukai karena rasanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/yul38885 yul38885

Stevia kerap dipakai menjadi alternatif gula pasir yang lebih sehat. Stevia berasal dari tanaman Stevia Rebaudiana yang telah menjadi salah satu pengganti gula terbaik.

Meskipun dikenal lebih sehat, namun menurut Insider, beberapa orang tidak menyukai rasanya jika dicampur dalam minuman. Karena senyawa aktif dalam produk stevia berinteraksi dengan reseptor rasa di lidah manusia, sehingga seringkali stevia yang digabungkan dengan minuman dianggap punya rasa pahit.

Jika memang ingin mengganti gula pada kopi dengan stevia, disarankan untuk mencampurnya dengan pemanis lain untuk mengatasi rasa pahit dari senyawa tersebut.



Simak Video "Menilik Pembuatan Gula Kelapa Murni yang Penuh Perjuangan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT