Susu Sapi, Kedelai atau Almond? Ini Kelebihannya Menurut Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

Susu Sapi, Kedelai atau Almond? Ini Kelebihannya Menurut Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 14 Jan 2023 06:00 WIB
Susu Kedelai
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Di pasaran saat ini beredar banyak susu, termasuk susu nabati yang jadi alternatif susu sapi. Mana yang terbaik untuk dikonsumsi? Ahli gizi membeberkan penjelasannya.

Susu dikonsumsi manusia untuk mengasup protein, ragam vitamin, dan mineral yang bisa menyehatkan tubuh. Jenis yang paling umum dikonsumsi adalah susu sapi, namun sayangnya tak semua orang cocok minum susu ini.

Akhirnya muncul 'susu' nabati dimana bahan makanan nabati diolah hingga teksturnya menyerupai susu untuk kemudian dikonsumsi. Susu nabati ini juga laris manis di pasaran, sebut saja susu kedelai dan almond.

Dari sisi nutrisi, jenis susu mana yang terbaik? Susu sapi atau susu nabati seperti kedelai atau almond?

Mengutip Insider (13/1), ini penjelasan ahli gizi soal nutrisi beragam jenis susu populer:

1. Susu sapi

Ahli gizi Lauren Smith mengatakan susu sapi mengandung banyak nutrisi. Susu ini bagus dikonsumsi oleh mereka yang bisa mencerna laktosa dan tak perlu dihindari jika memang kamu bisa meminumnya.

Dalam 1 cangkir susu sapi bisa mengandung 8 gram protein. Nutrisi lainnya adalah kalsium dan vitamin D dalam jumlah tinggi.

2. Susu almond

Ilustrasi Susu AlmondFoto: Getty Images/iStockphoto/sutlafk

Susu almond yang dibuat tanpa pemanis bisa jadi pilihan bagus untuk pelaku diet keto atau diet rendah karbohidrat, menurut Smith. Ia menilai susu almond biasanya rendah kalori, gula, dan lemak.

Susu almond juga kerap difortifikasi dengan antioksidan sehingga manfaat sehatnya lebih lengkap. Tapi jika kamu mencari sumber makanan tinggi protein, susu almond bukan pilihan tepat.

3. Susu gandum

Susu oat atau susu gandum kini tengah naik daun. Banyak pelaku hidup sehat memilih minum susu ini yang dianggap lebih menyehatkan. Menurut ahli gizi Dahlia Marin, susu gandum tinggi serat dan beta-glukan, jenis serat larut yang bisa menurunkan kolesterol dan menyehatkan pencernaan.

Hanya saja, susu gandum relatif tinggi karbohidrat dan gula alami dibanding susu nabati berbasis kacang lainnya. Karenanya konsumsi susu gandum patut diwaspadai mereka yang menghindari asupan karbohidrat dan gula.

4. Susu kedelai

Susu kedelaiFoto: Istimewa

Dari segi nutrisi, susu kedelai punya keunggulan sebagai susu nabati yang nutrisinya hampir mendekati susu sapi. Ahli gizi Sylvia North bilang susu ini tinggi protein, mengandung asam amino esensial, dan kerap difortifikasi kalsium untuk kesehatan tulang.

Susu kedelai juga bagus diminum usai olahraga karena kandungan proteinnya. Menurut Smith, dalam secangkir susu kedelai mengandung 8 gram protein, sama dengan susu sapi. Susu ini juga lebih menyehatkan untuk dikonsumsi mereka yang berisiko penyakit kardiovaskular.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT