Bikin Ramping! 5 Bahan Alami Ini Cocok untuk Membersihkan Pencernaan

ADVERTISEMENT

Bikin Ramping! 5 Bahan Alami Ini Cocok untuk Membersihkan Pencernaan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 12 Jan 2023 06:00 WIB
Bikin Ramping! 5 Bahan Alami Ini Cocok untuk Membersihkan Pencernaan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Olesia Shadrina
Jakarta -

Kesehatan pencernaan wajib diperhatikan karena memberikan efek besar bagi tubuh. Lima makanan sehat ini cocok untuk membersihkan saluran pencernaan yang kotor.

Kesehatan pencernaan memiliki peran dan pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bahkan pencernaan disebut sebagai otak kedua bagi tubuh untuk menyeimbangkan fungsi berbagai organ tubuh lainnya.

Para dokter dan ahli menyebutkan ketika manusia berhasil menjaga kesehatan tubuhnya dan membuat lingkungan yang sehat bagi mikrobiota di dalam usus efeknya kekuatan imunitas dapat meningkat. Sehingga sudah sewajarnya memperhatikan asupan makanan untuk kesehatan pencernaan.

Tak hanya mencukupi kebutuhan serat, penting juga untuk menjaga saluran pencernaan tetap bersih dari sisa endapan makanan. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk membersihkan saluran pencernaan dengan mudah.

Baca juga: Bantu Pedagang Disabilitas, Pria Ini Tebus Rujak Rp 177 Ribu

Berikut ini 5 makanan untuk membersihkan saluran pencernaan menurut Health Shots:

Bikin Ramping! 5 Bahan Alami Ini Cocok untuk Membersihkan PencernaanMakanan yang tinggi serat baik untuk melunakkan sisa makanan dalam usus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Olesia Shadrina

1. Makanan tinggi serat

Bukan rahasia lagi jika asupan serat memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Hampir setiap waktu makan harus selalu dilengkapi dengan sumber serat yang baik.

Makanan tinggi serat dapat membantu melunakkan sisa makanan yang mengendap di dalam pencernaan. Gejala kekurangan serat biasanya akan ditandai dengan kesulitan untuk buang air besar dan perut terasa penuh.

Mengonsumsi serat dengan baik dapat membantu melunakkan sekaligus mendorong sisa makanan keluar dari dalam pencernaan. Hasilnya buang air besar akan lebih teratur dan perut akan terasa lebih ringan.

2. Teh herbal

Tidak hanya cocok untuk menghangatkan tubuh, teh herbal juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai khasiatnya. Teh herbal memiliki fungsinya masing-masing berdasarkan dengan jenis herbal yang diseduh.

Sejak masa nenek moyang, teh herbal juga telah banyak digunakan untuk mengatasi keluhan pada pencernaan. Minum teh herbal dapat membantu menenagkan otot perut, melepaskan gas dan merelaksasi sistem pencernaan.

Ada beberapa jenis teh yang paling direkomendasikan untuk mengatasi gangguan pada pencernaan. Diantaranya teh peppermint, teh chamomile, teh oolong, teh hijau hingga teh hitam yang paling banyak ditemukan di pasaran.

Baca juga: Tega! Ojol Makanan Ini Lecehkan Pelanggannya Usai Antar Makanan

Makanan untuk membersihkan saluran pencernaan lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT