Ini Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai Ngopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai Ngopi

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 07 Jan 2023 07:00 WIB
Ini Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai Ngopi
Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Ada banyak efek samping dari minum kopi. Beberapa orang mengalami mual hingga muntah usai minum kopi. Ternyata hal tersebut dipicu beberapa hal ini.

Kopi bisa jadi minuman yang menyehatkan atau berbahaya tergantung dari kondisi tubuh seseorang. Selain itu juga jumlah kopi yang diminum setiap harinya.

Normalnya orang dianjurkan meminum kopi sebanyak empat cangkir, atau setara dengan 400 mg kafein dalam sehari. Seperti disarakan oleh United States' Food and Drug Administration (FDA).

Tetapi banyak juga orang yang masih merasakan efek samping meski sudah mengikuti anjuran kopi yang disebutkan. Salah satunya mengalami mual sampai muntah-muntah yang ternyata memiliki penyebabnya sendiri.

Dilansir dari Bustle dan Livestrong (06/01), berikut beberapa hal yang membuat orang merasa mual dan muntah usai ngopi.

Baca Juga: 3 Fakta Ceri Kopi, Buah Tanaman Kopi yang Siap Diolah" selengkapnya

1. Efek Diuretik

Ini Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai NgopiIni Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai Ngopi Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/

Salah satu alasan mengapa orang sering mual atau muntah usai ngopi, karena kopi ini memiliki sifat laxative atau diuretik. Hal ini menyebabkan orang-orang jadi sering buang air kecil, untuk mengeluarkan air dari tubuh.

"Efek diuretik ini mendorong tubuh mengeluarkan cairan ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan munculnya mual dan muntah sampai diare," ungkap Lisa Richards, ahli gizi sekaligus penulis buku 'The Candida Diet'.

2. Susu dan Pemanis

Selain karena kondisi kesehatan tubuh, pemakaian susu dan pemanis dalam racikan kopi ternyata berkontribusi terhadap efek mual dan muntah setelah ngopi. Penambahan bahan-bahan ini terkadang membuat lambung iritasi, sampai akhirnya membuat orang mual.

Terutama bagi mereka yang ngopi dengan tambahan pemanis buatan yang bisa memicu perut sakit. Efek dari permasalahan di perut ini bisa membuat orang merasa tidak enak badan, usai minum kopi.

Ada juga orang yang alergi susu karena mengalami lactose-intolerant. Ketika minum kopi yang emngandung susu atau diary product bisa membuat mual atau diare.

3. Asam Lambung

Ini Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai NgopiIni Sebabnya Beberapa Orang Mengalami Mual dan Muntah Usai Ngopi Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/

Asam lambung jadi 'musuh' bagi sebagian besar peminum kopi. Banyak dari mereka yang alami kondisi asam lambung naik usai menenggak minuman berkafein ini. Kemudian salah satu dampak yang ditimbulkan adalah mual.

Mengapa hal ini terjadi? Kebanyakan kopi memiliki derajat keasaman (pH) dari 4.85 hingga 5.10, yang berarti kopi termasuk minuman asam, menurut sebuah penelitian yang dimuat tahun 2018 di Scientific Reports. Lalu perut manusia sendiri sebenarnya memiliki lingkungan yang asam.

Ketika kamu minum kopi, maka kadar keasaman di perut otomatis meningkat sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di perut. Kehadiran asam ini bisa mempercepat pencernaan makanan di perut yang memicu beberapa orang langsung ingin ke toilet usai minum kopi.

Adanya asam berlebih juga bisa menimbulkan gejala mual. "Bagi mereka yang memiliki refluks asam, minum kopi sebenarnya bisa membuat Anda mual," kata ahli gizi, Marie Spano. Karena hal ini, mereka yang mengalami refluks asam kronis alias GERD mungkin lebih rentan terhadap mual setelah minum kopi.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT