7 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Lebih Menyehatkan, Kayu Manis hingga Cokelat

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Lebih Menyehatkan, Kayu Manis hingga Cokelat

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 06 Jan 2023 07:30 WIB
7 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Lebih Menyehatkan, Kayu Manis hingga Cokelat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Avtor
Jakarta -

Selain dinikmati sebagai kopi hitam saja, kopi bisa lebih kaya khasiat. Untuk menambah khasiatnya, campurkan 7 bahan ini ke dalam racikan kopi.

Minum kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup yang dilakukan secara rutin oleh orang banyak. Sebelum mengawali aktivitas hingga ketika ingin merelaksasi tubuh banyak orang yang akan memilih kopi untuk dinikmati.

Ternyata tak hanya sebagai pembangkit energi, kopi juga bisa diracik menjadi lebih sehat untuk dinikmati. Secangkir kopi yang biasanya hanya ditambahkan krim dan susu ternyata juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Ada beberapa bahan yang disarankan ditambah ke dalam kopi tak hanya untuk memperkaya rasanya. Tetapi ketika ditambahkan bahan-bahan ini juga dapat memperkaya nutrisi dan khasiat dari secangkir kopi.

Baca juga: Miris! Mahasiswa Ini Terpaksa Lahap Makanan Sisa Gegara Tak Punya Uang

Berikut ini 7 bahan tambahan yang bisa membuat kopi lebih berkhasiat menurut The Every Girl:

7 Bahan Tambahan Ini Bikin Kopi Lebih Menyehatkan, Kayu Manis hingga CokelatMenambahkan kayu manis ke dalam kopi dapat membantu menurunkan gula darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Avtor

1. Kayu Manis

Bukan rahasia lagi jika kayu manis sudah menjadi bahan yang umum ditambahkan ke dalam secangkir kopi. Ketika ditambahkan ke dalam secangkir kopi, kayu manis memberikan aroma yang menenangkan.

Selain itu kayu manis juga memiliki komponen antimikroba yang kaya akan antioksidan sehingga baik untuk tubuh. Mencampurkan kayu manis ke dalam kopi juga disebut sebagai cara untuk menurunkan gula dara, meningkatkan fungsi otak dan penolong untuk keluhan pencernaan.

2. Mentega

Tren menambahkan mentega ke dalam secangkir kopi kini populer sebagai Bulletproof coffee. Banyak dipandang sebelah mata karena dinilai memiliki kadar lemak yang tinggi, faktanya kopi ini justru memiliki banyak khasiat berkat kandungan lemak sehatnya.

Dave Asprey, selaku penemu Bulletproof coffee, merekomendasikan untuk menggunakan mentega yang diambil dari sapi yang hanya mengonsumsi rumput dan biji-bijian saja. Konon konsumsi racikan kopi yang satu ini dapat meningkatkan kadar energi tanpa membuat gula darah melonjak.

3. Cokelat

Cokelat sudah dipercaya dalam berbagai perayaan dan upacara sakral sejak 1500 tahun sebelum Masehi. Cokelat kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meredakan inflamasi dan meningkatkan fungsi otak.

Sebenarnya campuran cokelat dalam bentuk cair ke dalam kopi sudah dikenal dengan istilah mocha. Tetapi jika ingin khasiat yang lebih banyak kamu bisa mencampurkan bubuk cokelat tanpa pemanis.

Baca juga: Duh! Gegara Beli Makanan, 5 Orang Ini Kena Denda Jutaan Rupiah

Bahan-bahan untuk ditambahkan ke dalam kopi lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT