Sulit Fokus? Coba Terapkan 5 Kebiasaan Makan Ini untuk Mengatasinya

ADVERTISEMENT

Sulit Fokus? Coba Terapkan 5 Kebiasaan Makan Ini untuk Mengatasinya

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 05 Jan 2023 11:30 WIB
Pola makan sehat
Foto: iStock
Jakarta -

Kehilangan fokus bukan hanya karena banyak pikiran, melainkan juga faktor kebiasaan makan. Jika ingin menguranginya, coba beralih pada kebiasaan makan ini.

Fokus mengerjakan suatu hal dalam waktu lama bukanlah hal mudah. Mungkin ada yang bertahan, tetapi tak sedikit juga yang gampang kehilangan konsentrasinya. Kesulitan fokus ini bahkan sampai mengganggu produktivitas seseorang.

Fokus yang menurun disebabkan beberapa hal, termasuk kebiasaan makan. Jika seseorang merasa lesu, bisa jadi disebabkan karena asupan makan tak sehat.

Karenanya, menjalani pola makan sehat menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan konsentrasi. Lebih baik menghindari kebiasaan makan yang kurang sehat dan beralih kepada kebiasaan makan yang bisa meningkatkan daya ingat, fokus, hingga produktivitas seseorang.

Merangkum healthshots.com (02/01), berikut 5 kebiasaan makan yang bisa diikuti untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang.

1. Bikin Rencana Makan

Ready healthy food catering menu in lunch boxes fish and vegetable packages as daily meal diet plan courier delivery with fork isolated on black table background. Take away containers order concept.Rencana makan perlu dibuat agar asupan makan teratur. Foto: Getty Images/iStockphoto/insta_photos

Melakukan perencanaan makan ternyata bisa membantu lebih fokus dan produktif. Para pakar menyarankan untuk menyiapkan menu makan mingguan sehingga hanya perlu belanja bahan-bahan sehari saja dan lebih efisien.

Jika memang sering keluar rumah dan berpergian, tak perlu khawatir perencanaan makan ini akan gagal karena kamu bisa membungkusnya selama perjalanan. Hal yang perlu dilakukan hanya membuat makanan sehat yang lebih tahan lama.

Makanan yang dikemas bisa disimpan dalam kulkas, dan bisa dipanaskan kembali saat keluar rumah.

2. Hindari Ngemil, Pilih Alternatif Lebih Sehat

Kebiasaan mengunyah camilan juga perlu diubah. Alih-alih menyimpan ciki atau keripik kentang yang berminyak, lebih baik menggantinya dengan buah-buahan atau umbi-umbian yang direbus.

Sebisa mungkin tahan keinginan untuk konsumsi minuman atau camilan seperti ini. Lebih baik untuk mengganti minuman soda dengan air putih atau jus segar.



Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT