7 Efek Samping Pola Diet Vegan Pada Tubuh yang Perlu Diketahui

ADVERTISEMENT

7 Efek Samping Pola Diet Vegan Pada Tubuh yang Perlu Diketahui

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 04 Jan 2023 05:00 WIB
7 Efek Samping Pola Diet Vegan Pada Tubuh yang Perlu Diketahui
Foto: Getty Images/Drbouz
Jakarta -

Pola makan vegan semakin populer dan digemari. Sebelum mencoba melakukannya, sebaiknya pahami dulu tujuh efek samping diet vegan yang bisa terjadi pada tubuh.

Akhir-akhir ini banyak tren diet yang berkembang dan populer di tengah masyarakat. Salah satunya adalah diet vegan yang berhenti mengonsumsi bahan makanan hewani dan beralih sepenuhnya ke bahan-bahan nabati.

Diet vegan menjadi populer karena diklaim dapat menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan secara signifikan. Untuk menjadi pelaku vegan ini kamu harus meninggalkan asupan hewani seperti daging hewan, telur, susu hewan dan berbagai produk olahannya.

Walaupun dinilai menyehatkan, ternyata diet vegan juga memiliki efek samping terhadap tubuh. Baik efek positif maupun negatifnya ini wajib diketahui dahulu sebelum mulai menerapkannya dengan ketat.

Baca juga: Zonk! Masak untuk Pertama Kalinya, Pria Ini Sajikan Sup Menjijikan

Berikut ini 7 efek diet vegan seperti dikutip dari Mirror (2/1):

7 Efek Samping Pola Diet Vegan Pada Tubuh yang Perlu DiketahuiPara pelaku diet vegan akan mengalami kemampuan untuk mengenali rasa. Foto: Getty Images/Drbouz

1. Meningkatkan kemampuan rasa

Banyak pelaku vegan yang mengaku mengalami peningkatan dalam mengenali rasa setelah menjadi seorang vegan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, para pelaku vegan memang mengalami peningkatan untuk mengenali rasa tetapi berkurang untuk mengenali rasa lemak, garam dan gula.

Shilpa Ravella selaku ahli gastroenterologi dan asisten profesor dari kedokteran Columbia University mengatakan bahwa palet rasa pada lidah memang berubah secepat itu. Bahkan bagi orang yang selama seminggu tidak mengonsumsi makanan cepat saji perlu menyesuaikan palet lidahnya dengan makanan berlemak.

2. Memperbaiki proses pencernaan

Ketika menjalani diet vegan, mayoritas makanan yang dikonsumsi akan tinggi dengan kandungan serat. Makanan nabati yang tinggi serat ini sangat baik untuk meningkatkan aktivitas perut dibandingkan dengan makanan hewani.

Sebuah penelitian yang dipublikasi pada Frontiers in Nutrition menemukan bahwa makanan nabati dapat memperkaya mikrobiota menguntungkan di dalam usus. Hasilnya ketika mikrobiota berkembang dengan baik kualitas kesehatan akan meningkat.

3. Penurunan berat badan

Bukan sebuah kejutan jika diet vegan mampu membantu penurunan berat badan secara signifikan. Aliza Savage selaku ahli gizi mengatakan bahwa diet yang fokus pada makanan nabati dapat membantu penurunan berat badan karena mengeliminasi asupan lemak yang tinggi dan gula tambahan.

Tetapi beberapa pelaku vegan justru mengalami kenaikan berat badan akibat konsumsi kacang, minyak kelapa dan makanan nabati tinggi kalori walaupun tergolong sehat. Ada juga pelaku vegan yang mengaku makan lebih banyak karena harus mencukupi kebutuhan protein harian.

Efek samping diet vegan lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT