5 Minuman Enak untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Pesta BBQ

ADVERTISEMENT

5 Minuman Enak untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Pesta BBQ

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 01 Jan 2023 05:00 WIB
5 Minuman Enak untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Pesta BBQ
Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Perayaan malam tahun baru identik dengan pesta BBQ. Setelah puas berpesta, lima minuman ini bisa dikonsumsi untuk menekan kolesterol agar tak melonjak.

Malam pergantian tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang di dunia. Jika tak ada pesta BBQ, perayaan malam tahun baru serasa kurang meriah.

Tetapi pesta BBQ dapat menjadi pemicu kolesterol terbesar jika tidak segera diatasi. Apalagi jika terlalu kalap dan makan sangat banyak ketika pesta BBQ dirayakan saat malam tahun baru.

Untuk mengatasi asupan kolesterol usai pesta BBQ, ternyata ada beberapa minuman alami untuk dikonsumsi guna menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Minuman-minuman yang sederhana ini bisa dibuat sendiri di rumah dan dikonsumsi secara rutin.

Berikut 5 minuman penurun kolesterol menurut Healthline:

5 Minuman Enak untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Pesta BBQKandungan katekin pada teh hijau cocok untuk menekan kolesterol jahat. Foto: Getty Images/4kodiak

1. Teh hijau

Teh hijau dinilai sangat berkhasiat berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Komponen antioksidan dalam teh hijau ini sangat bermanfaat untuk menekan kadar LDL atau kolesterol buruk.

Pada penelitian saat tahun 2015 silam, para peneliti memberikan seekor tikus minuman yang diinfus dengan katekin yang didapatkan dari teh hijau. Setelah diamati selama 56 hati, dampaknya kadar kolesterol pada tikus tersebut menurun hingga 30,4 %.

Para ahli kini sedang melakukan investigasi lebih lanjut pada tubuh manusia untuk melihat efek samping yang juga bisa ditimbulkan. Selain teh hijau, teh hitam juga dikatakan oleh ahli bisa menjadi alternatifnya.

2. Susu kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang berbeda dengan susu hewan. Mengganti campuran susu baik untuk makanan maupun minuman dengan susu kedelai dikatakan ampuh untuk mengelola kadar kolesterol di dalam tubuh.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk konsumsi 25 gram susu kedelai per hari. Tips ini dikatakan sebagai salah satu diet sehat untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan menekan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ketika malam harinya baru saja melakukan pesta BBQ, susu kedelai akan menjadi minuman yang cocok dikonsumsi pada keesokan paginya. Susu kedelai disarankan untuk dikonsumsi dengan ditambahkan sedikit atau tanpa pemanis sama sekali.

Minuman penurun kolesterol lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Resep Sei Sapi Sambal Luat yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT