7 Pola Makan untuk Kendalikan Diabetes Selama Musim Liburan, Intip Yuk!

ADVERTISEMENT

7 Pola Makan untuk Kendalikan Diabetes Selama Musim Liburan, Intip Yuk!

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 30 Des 2022 05:00 WIB
7 Pola Makan untuk Kendalikan Diabetes Selama Musim Liburan, Intip Yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Ketika musim liburan nafsu akan sulit ditahan. Hal ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Berikut ini 7 tips bagi penderita diabetes selama liburan yang mudah dilakukan.

Musim liburan akhir tahun menjadi waktu untuk bersantai setelah lelah menjalani rutinitas. Selain sebagai momen bersantai, musim liburan juga memicu nafsu makan naik.

Banyak orang yang tak bisa mengendalikan nafsu makan ketika disuguhi berbagai macam makanan selama liburan. Kondisi ini kurang baik untuk kesehatan terutama para penderita diabetes.

Ternyata untuk tetap menjaga pola makan dengan benar ada beberapa tips yang direkomendasikan ahli. Tips ini mudah untuk dilakukan selama liburan guna mencegah lonjakan gula darah yang membahayakan penderita diabetes.

Baca juga: Zonk! Beli Ayam Goreng Rp 42 Ribu, Netizen Ini Dapat Makanan Menyedihkan

Berikut ini 7 pola makan untuk mengendalikan diabetes selama liburan menurut Love One Today:

7 Pola Makan untuk Kendalikan Diabetes Selama Musim Liburan, Intip Yuk!Walaupun diperbolehkan bebas makan tetapi penderita diabetes wajib memerhatikan pemilihan makanannya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

1. Pilih makanan alternatif

Tak ada salahnya untuk menikmati makanan favorit ketika musim liburan. Tetapi upayakan untuk tetap memperhatikan kandungan kalori, gula dan lemak jenuh dengan mengurangi beberapa bahan.

Misalnya menghindari konsumsi whipped cream atau meminimalisir konsumsi es krim yang manis. Selain itu bagi penderita diabetes juga penting untuk memilih makanan lain terlebih dahulu selain asupan karbohidrat.

2. Kendalikan porsi makan

Bagi penderita diabetes, mengendalikan porsi makan adalah hal yang tak boleh dilupakan. Selalu perhatikan jumlah makanan setiap kali akan menyantap makanan yang disajikan selama liburan.

Ketika melihat banyak makanan jangan langsung tergiur dan menjadikan momennya untuk makan sebanyak-banyaknya. Pilih makanan dengan ukuran kecil seperti sepotong kue atau sebuah pie buah daripada makanan yang disajikan per porsi utuh.

3. Sesuaikan resep

Selain pergi atau bergabung pada sebuah pesta, waktu liburan juga bisa dimanfaatkan dengan menikmati hidangan istimewa di rumah. Tetapi perlu diingat ada beberapa hal yang harus disesuaikan.

Ketika memiliki keluarga yang menderita diabetes, usahakan untuk memilih bahan-bahan yang aman untuk penderita diabetes. Misalnya dengan mengganti jenis tepung untuk kue atau menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan pada campuran makanan.

Baca juga: Salt Bae Dikecam Gegara Aksinya Tak Hargai Pelanggan Restoran

Pola makan untuk mengendalikan diabetes lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT