10 Hal yang Perlu Dilakukan Usai Makan Banyak Agar Perut Tak Begah

ADVERTISEMENT

10 Hal yang Perlu Dilakukan Usai Makan Banyak Agar Perut Tak Begah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 25 Des 2022 08:00 WIB
10 Hal yang Perlu Dilakukan Usai Makan Banyak Agar Perut Tak Begah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Banyak orang kalap makan saat jamuan Natal dan liburan jelang Tahun Baru. Untuk menghindari efek perut begah dan terasa tak nyaman setelahnya, coba lakukan 10 hal simpel ini.

Agenda kumpul bersama teman dan keluarga sambil makan-makan terkadang membuat lupa diri. Besar kemungkinan kamu bakal berakhir menyantap banyak makanan dalam waktu singkat.

Lebih buruknya lagi, hal ini tak terjadi dalam satu atau dua hari saja, tapi juga selama musim liburan berlangsung. Dari sisi kesehatan, kebiasaan makan ini tentu tidak baik untuk kesehatan.

Efek yang ditimbulkan umumnya berupa perut begah dan tak nyaman. Cara terbaik menghindari efek ini adalah dengan menghindari makan banyak, tapi jika sudah terlanjur, ada cara simpel dari pakar kesehatan yang bisa dilakukan.

Mengutip Web MD (24/12), ini 10 hal simpel yang bisa kamu lakukan usai makan banyak:

1. Tetap tenang

Usai kalap makan, kebanyakan orang menyalahkan diri mereka sendiri. Hal ini tak perlu dilakukan karena akumulasi rasa bersalah pada akhirnya justru bisa membuat kamu menyangkal diri sendiri.

Alhasil, kamu justru merasa kekurangan dan melanjutkan kebiasaan makan buruk ini. Alih-alih merasa bersalah, coba usahakan untuk tenang dan rileks usai makan banyak. Fokus pada rencana makan sehat setelahnya.

2. Jalan kaki

Jalan kaki santai bisa dilakukan usai makan banyak. Hal ini bagus untuk menstimulasi pencernaan dan bahkan menyeimbangkan kadar gula darah. Kalau tak mau olahraga jalan kaki, bisa bersepeda santai sebagai gantinya.

Tapi ingat, jangan berlebihan. Lakukan aktivitas fisik yang ringan ini karena kalau olahraga terlalu berat justru bisa memperlambat pencernaan usai makan banyak.

3. Minum air putih

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum NgopiFoto: Ilustrasi iStock

Minum segelas air putih usai makan banyak bisa jadi pilihan tepat. Cara ini membantu tubuh menyingkirkan asupan garam berlebih yang mungkin didapat dari makanan yang dikonsumsi.

Minum air putih juga bisa cegah sembelit. Setelahnya, lanjutkan kebiasaan minum air putih sepanjang hari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Jangan tidur-tiduran

Berbaring atau tidur-tiduran tidak disarankan usai makan banyak. Pertama, kamu bakal kehilangan kesempatan membakar kalori dari makanan yang baru saja masuk. Lebih baik cari aktivitas lain, misalnya cuci piring.

Kedua, kebiasaan tidur-tiduran usai makan banyak bisa membuat perut penuh, bahkan isi makanan kembali ke kerongkongan. Kondisi ini bisa memperlambat pencernaan dan memperburuk kondisi GERD.

5. Hindari minuman berkarbonasi dan soda

Tak Mau Tersaingi, Ibu Ini Racuni Teman Sekelas Anaknya Lewat Minuman SodaFoto: Site News

Minuman berkarbonasi dan soda perlu dihindari usai makan banyak. Ketika diminum, artinya kamu menelan udara yang bakal memenuhi sistem pencernaan. Hal ini bakal membuat kamu lebih kembung lagi dan memicu sendawa untuk mengeluarkan gas berlebih.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT