4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 20 Des 2022 07:30 WIB
5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi
Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Minum air putih sebelum minum kopi penting untuk dilakukan. Karena banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh dan melindungi dari efek samping kopi.

Walau cukup sehat dan banyak manfaatnya, kopi harus tetap diminum sesuai anjuran dan tidak boleh berlebihan. Karena kopi ini mengandung kafein yang bisa memberikan efek samping pada tubuh jika dikonsumsi terlalu sering.

Untuk mencegahnya memang ada beberapa cara. Seperti mengurangi asupan kopi, menghindari minum kopi dalam perut kosong, dan yang terakhir adalah minum air putih sebelum ngopi.

Dilansir dari berbagai sumber, minum air putih sebelum ngopi ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Tips Minum Kopi yang Aman Agar Tak Picu Asam Lambung" selengkapnya


1. Mendorong Metabolisme Tubuh

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum NgopiAlasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi Foto: Ilustrasi iStock

Secara umum, air putih memang bagus untuk kesehatan serta metabolisme tubuh. Ketika seseorang minum kopi, kandungan kortisol di tubuh tentu akan meningkat, sehingga membuat orang lebih melek dan tidak gampang ngantuk.

Tapi efek samping kortisol ini bisa memicu stress hingga kecemasan. Ditambah tingkat kortisol paling tinggi di pagi hari, untuk mengurangi efeknya, dan mendorong metabolisme tubuh. Sebaiknya minum beberapa gelas air putih di pagi hari.

Terutama 30 menit pertama setelah bangun tidur. Selain membuat tubuh lebih sehat, minum air putih juga bisa membuat otak lebih fokus dan berenergi karena otak manusia terdiri dari 75% air.

2. Mencegah Dehidrasi dan Efek Samping Lainnya

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi Alasan Mengapa Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Ngopi Foto: Ilustrasi iStock

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang serius, dan sering dikaitkan dengan gejala tubuh seperti merasa lelah, sakit kepala, pusing, linglung, susah fokus, sampai kesulitan bergerak. Karena fungsi otak ini akan berkurang sebanyak 1-2% ketika tubuh dehidrasi.

Sebelum minum kopi, sebaiknya minum air putih dulu agar tubuh tetap terhidrasi. Sebagaimana yang diketahui sebelumnya, kafein pada kopi memiliki sifat diuretik yang membuat orang mudah buang air kencing.

Saat tidur tubuh berpuasa dari cairan selama berjam-jam, dengan minum air putih di pagi hari, bisa mencegah efek samping dari kebiasaan ngopi ini.

Minimal minum air putih sebanyak 500 ml atau setara dengan dua gelas air putih, sebelum minum kopi. Atau minum cairan apapun di pagi hari.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT