Bapak-bapak, Ini 6 Sayuran Paling Baik untuk Kempiskan Perut Buncit

ADVERTISEMENT

Bapak-bapak, Ini 6 Sayuran Paling Baik untuk Kempiskan Perut Buncit

Tim detikfood - detikFood
Senin, 19 Des 2022 05:00 WIB
A nice flush of fresh organic Shiitake Mushrooms growing on Red Oak logs ready for harvest.
Foto: iStock
Jakarta -

Selain olahraga, asupan makanan juga bisa membantu mengempiskan perut buncit karena kandungan nutrisinya. Berikut ini daftarnya.

Semua jenis sayuran memang baik untuk tubuh. Karena masing-masing punya kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun, jika kamu ingin mengecilkan perut buncit, ada beberapa jenis sayuran yang lebih efektif membantu menggempur lemak perut.

Sayuran yang direkomendasikan adalah sayuran yang rendah kalori, tinggi serat, protein, dan nutrisi bermanfaat lain.

Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut buncit, ada beberapa sayuran yang bisa dikonsumsi rutin. Dikutip dari CNN Indonesia (14/12), berikut ini daftarnya.

buah bitTinggi serat, buah bit cocok untuk mengempiskan perut buncit. Foto: iStock

1. Bit

Sayuran satu ini mungkin agak asing di Indonesia. Namun, bit mampu mendukung program mengecilkan perut, termasuk mengatur pencernaan.

Bit tinggi kandungan serat yakni sekitar 3,8 gram dalam setiap 128 gram sajian. Asupan serat baik untuk mencegah perut kembung, mengurangi nafsu makan berlebih, dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga mendukung kesehatan mikrobioma usus.

2. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi penting dan cocok diolah jadi berbagai macam masakan. Hal ini membuat bayam jadi salah satu sayuran terbaik untuk mengecilkan perut buncit.

Ahli diet Courtney D. Angelo mengatakan sayuran hijau sangat baik untuk mengecilkan perut.

"Bayam kaya serat, yang menyerap lebih banyak nutrisi dan membantu pencernaan. Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung penurunan berat badan, termasuk lemak visceral (lemak perut)," kata Angelo seperti dilaporkan Eat This, Not That!.

3. Jamur

Jamur sangat disukai kaum vegan dan non-vegan. Jamur kerap digunakan sebagai pengganti daging karena memiliki serat dan tekstur serupa.

Namun, lebih dari itu, konsumsi jamur mampu menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan mengatur kadar gula dalam darah. Apa lagi? Ternyata jamur juga kaya akan protein sehingga metabolisme tubuh bisa lebih ditingkatkan.

4. Cabai

Kabar baik buat pencinta rasa pedas. Beragam jenis cabe termasuk sayuran untuk mengecilkan perut secara alami.

Seperti dilaporkan NDTV, studi menunjukkan bahwa rasa pedas yang dihasilkan dari konsumsi cabai membantu membakar lebih banyak kalori. Rasa pedas panas ini juga mampu mengoksidasi lapisan lemak dalam tubuh.

Namun, kamu tak perlu mengonsumsi rasa pedas yang menyiksa. Yang terpenting dalam hal ini adalah kandungan capsaicin yang mampu membakar lemak dalam tubuh.

BrokoliBrokoli yang padat nutrisi cocok untuk menurunkan berat badan secara efisien. Foto: Getty Images/LauriPatterson

5. Brokoli

Salah satu sayuran padat nutrisi dan sangat direkomendasikan untuk mengecilkan perut adalah brokoli. Brokoli kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan peradangan.

"Senyawa utamanya adalah sulforaphane, yang bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB dalam tubuh. Zat ini mendorong proses peradangan. Dengan mengurangi peradangan, tubuh lebih mampu melepaskan berat badan dan bekerja secara efisien di setiap area lain juga," jelas Trista Best, ahli diet.

Di samping itu, brokoli juga mengandung 'amunisi' untuk meluruhkan lemak perut seperti vitamin C, kalsium dan kromium.

6. Wortel

Wortel terkesan sepele, apalagi sayuran satu ini banyak ditemukan di banyak masakan. Namun, wortel akan mendukung program penurunan berat badan khususnya mengecilkan perut.

Kenapa wortel bisa jadi salah satu sayuran untuk mengecilkan perut secara alami? Best menyebut wortel mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

"Efek termogenik makanan (thermogenic effect of food atau TEF) adalah tingkat kalori makanan yang menyebabkan tubuh melakukan proses pembakaran saat dicerna. Karena wortel teksturnya keras, TEF-nya tinggi dan itu menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori hanya dengan memakannya," jelas dia.

Lihat daftar sayuran yang bisa membantu mengempiskan perut buncit di halaman INI!



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT