Hari HIV AIDS Sedunia, Ini 5 Pola Makan Sehat untuk Para Penderitanya

ADVERTISEMENT

Hari HIV AIDS Sedunia, Ini 5 Pola Makan Sehat untuk Para Penderitanya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 17:00 WIB
Pola makan untuk pengidap HIV AIDS
Foto: iStock
Jakarta -

Pengidap HIV AIDS harus menjaga pola makan agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Mulai dari perhatikan jenis makanan hingga porsinya.

Setiap tanggal 1 Desember selalu diperingati sebagai Hari HIV AIDS Sedunia. Aids adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dengan tema Equalize atau diartikan sebagai tindakan menyetarakan akses dan fasilitas layanan pengobatan HIV, di hari ini jadi momen pengingat untuk pentingnya menjaga pola makan sehat bagi pengidap HIV.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi, terutama antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan virus. Selain itu, disarankan untuk membatasi makanan yang tinggi gula dan garam.

Dilansir dari WEBDM (04/02/17) berikut 5 pola makan yang baik untuk pengidap HIV AIDS:

1. Perbanyak Buah dan Sayur

Pola makan untuk pengidap HIV AIDSDengan mengonsumsi buah dan sayur maka semua kebutuhan nutrisi pada tubuh akan tercukupi. Foto: iStock

Dengan mengonsumsi buah dan sayur maka semua kebutuhan nutrisi pada tubuh akan tercukupi. Mulai dari mineral, karbohidrat, vitamin, serat hingga antioksidan.

Salah satu jenis buah yang bagus dikonsumsi untuk pengidap HIV AIDS adalah buah nanas. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat memecah protein dalam virus HIV.

Sementara untuk pilihan sayur bisa memilih brokoli. Sayuran ini kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Penderita Penyakit HIV

2. Perbanyak Konsumsi Protein

Pola makan untuk pengidap HIV AIDSBagi pengidap HIV AIDS sebaiknya mengonsumsi protein tanpa lemak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Foto: iStock

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bagi pengidap HIV AIDS sebaiknya mengonsumsi protein tanpa lemak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ahli gizi menyarankan bagi pria pengidap HIV mengonsumsi protein sebanyak 100-150 gram per hari. Sementara bagi wanita pengidap HIV disarankan mengasup 80-100 gram per hari.

Pastikan agar asupan protein tidak lebih dari 15-20% dari kebutuhan kalori per hari. Beberapa pilihan makanan yang mengandung protein tanpa lemak adalah daging sapi, unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan.



Simak Video "Melihat Aneka Ikan di Pasar Flamboyan Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT