Ini Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih Makanan

ADVERTISEMENT

Ini Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih Makanan

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 26 Nov 2022 06:00 WIB
Ini Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih Makanan
Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Warna piring ternyata bisa mempengaruhi presepsi rasa seseorang saat mencicipi makanan. Terutama piring yang berwarna-warni.

Picky eaters atau orang yang suka pilih-pilih makanan ini kebanyakan tak suka mencoba makanan baru, karena takut rasanya tidak sesuai dengan selera. Mereka biasanya hanya memilih makanan yang sudah dikenal dan akrab di lidah.

Dilansir dari DailyMailUK (24/11), baru-baru ini peneliti dari University of Portsmouth menjelaskan tentang efek warna piring atau peralatan makan, pada orang-orang pick eaters, dan mereka yang punya selera makan normal.

Baca Juga: Ahli Gizi Ungkap 6 Trik Mudah agar Anak Mau Makan Sayur" selengkapnya

Penelitian ini melibatkan 50 partisipan, yang pertama kali disurvei untuk mengukur tingkat neophobia makanan. Neophobia ini merupakan kondisi seseorang enggan untuk makan atau mencoba makanan baru.

Ini Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih MakananIni Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih Makanan Foto: Ilustrasi iStock

Kemudian 50 partisipan ini dibagi menjadi dua grup. Grup picky eaters (pilih-pilih makanan) dan non-picky eaters (normal). Mereka lalu disuruh mencicipi keripik kentang rasa garam dan cuka dari brand yang sama, yang diletakkan dalam mangkuk berwarna putih, merah dan biru.

Hasilnya di grup picky-eaters, ditemukan bahwa piring berwarna ini sangat mempengaruhi keinginan mereka untuk makan, sampai tingkat keasinan yang mereka rasakan di mulut.

Mereka yang sering pilih-pilih makanan, ternyata merasakan rasa asin yang lebih tinggi saat mencicipi keripik kentang dari piring berwarna biru dan merah, dibandingkan saat mereka mencicipi kentang di piring putih.

Penelitian ini juga menemukan, bahwa orang-orang cenderung malas mencicipi makanan dari piring berwarna merah. Warna merah sendiri dikaitkan dengan warna yang menandakan 'bahaya'.

Semua penelitian ini dijelaskan dalam jurnal Food Quality and Preference.

Ini Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih MakananIni Sebabnya Piring Berwarna Bikin Orang Makin Pilih-pilih Makanan Foto: Ilustrasi iStock

"Picky eaters ditandai dengan mereka yang membatasi atau menghindari berbagai makanan, yang bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan, termasuk kekurangan gizi dan penyakit jantung. Oleh karena itu penting untuk memahami faktor-faktor yang mendorong orang untuk pilih-pilih makanan ini," tulis isi penelitian tersebut.

"Temuan utama di penelitian kali ini menujukkan bahwa warna pada piring atau mangkuk yang disajikan, memiliki pengaruh pada rasa asin yang dirasakan orang, termasuk keinginan orang untuk cicip makanan tersebut untuk grup picky eaters. Ada kemungkinan orang memiliki pandangan negatif ketika melihat warna merah," sambungnya.

Menurut para peneliti, bisa jadi mangkuk merah ini tidak disukai banyak orang, karena dipengaruhi pandangan hingga pengalaman individu yang berbeda.

"Seperti yang diketahui kebiasaan pilih-pilih makanan ini bisa membuat stres orang yang mengalaminya, termasuk keluarganya. Penemuan ini bisa memberikan informasi bahwa warna pada piring bisa mempengaruhi pengalaman bersantap," pungkas Dr. Lorenzo Stafford selaku ketua peneliti.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Membantu Hadapi Anak 'Picky Eater'" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT