5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat Sehatnya

ADVERTISEMENT

5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat Sehatnya

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 01 Nov 2022 05:00 WIB
5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat Sehatnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Alter_photo
Jakarta -

Minum susu yang tinggi akan kalsium dan nutrisi ternyata ada triknya. Ahli menyebutkan cara ini membuat manfaat sehat susu dapat terserap secara maksimal oleh tubuh.

Susu menjadi salah satu asupan yang disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu membuatnya dipercaya sebagai nutrisi alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Terutama pada anak-anak usia pertumbuhan dan orang tua yang ingin memperkuat tulangnya, susu menjadi asupan yang cukup penting. Ternyata ada tips yang perlu diperhatikan agar mendapat nutrisi susu yang maksimal.

Ahli gizi menyebutkan bahwa minum susu juga ada waktu terbaiknya. Selain itu beberapa cara yang seharusnya diperhatikan saat minum susu juga banyak yang masih diabaikan.

Baca juga: 5 Pengantar Makanan Ini Tega Lahap Makanan Milik Pelanggannya

Berikut ini 5 tips minum susu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal menurut Times of India:

5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat SehatnyaMinum susu ternyata ada waktu-waktu yang tepat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alter_photo

1. Waktu terbaik

Menurut beberapa ahli gizi, disebutkan bahwa waktu minum susu terbaik antara anak-anak dan orang dewasa cukup berbeda. Hal ini bergantung pada kebutuhan tubuh orang dewasa dan anak-anak yang berbeda.

Untuk orang dewasa disarankan minum susu tepat sebelum tidur malam. Sedang bagi anak-anak waktu terbaik minum susu dianjurkan saat pagi hari saat sarapan.

Minum susu di malam hari cocok untuk orang dewasa karena saluran pencernaannya sudah matang maksimal dan siap mencerna susu walaupun pada malam hari. Selain itu minum susu sebelum tidur juga memaksimalkan penyerapan kalsium pada tulang orang dewasa.

2. Manfaat dan efek samping minum susu

Selain kekayaan kalsiumnya, susu juga mengandung nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam segelas susu disebutkan terkandung protein, vitamin B12, vitamin D hingga fosfor.

Minum susu selama ini hanya dipercaya sebagai cara untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan. Nyatanya minum susu secara rutin juga dapat menjaga imunitas lebih kuat.

Tetapi ada beberapa kondisi yang juga bisa berdampak negatif jika minum susu. Beberapa orang yang minum susu berlebihan dapat mengalami permasalahan seperti jantung terasa terbakar atau intoleran laktosa yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Tips minum susu lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT