Jangan Keseringan Dikonsumsi, 3 Makanan Ini Biang Kerok Kolesterol Tinggi

ADVERTISEMENT

Jangan Keseringan Dikonsumsi, 3 Makanan Ini Biang Kerok Kolesterol Tinggi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 20 Okt 2022 06:00 WIB
Catat! 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Secara Alami
Foto: Ilustrasi Getty Images/enviromantic
Jakarta -

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pemicunya karena asupan makanan yang tidak sehat dan berlemak tinggi.

Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Gunanya untuk membangun sel dan hormon reguler. Kadar kolesterol penting sekali dijaga agar organ tubuh tetap berfungsi dengan baik.

"Terlalu banyak kolesterol yang beredar dalam tubuh bisa berbahaya dan membuat orang punya risiko penyakit jantung dan stroke," ungkap ahli diet Trista Best, seperti dikutip dari Eat This (17/10).

Salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol dalam darah adalah makanan yang dikonsumsi. Ahli diet menyarankan untuk membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans terlalu banyak dan sering.

Baca Juga: 8 Buah Penurun Kolesterol Darah yang Segar Manis Alami

Berikut 3 makanan yang jadi pemicu kolesterol tinggi:

1. Gorengan

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang patut dikurangi konsumsinya.Makanan penyebab kolesterol tinggi yang patut dikurangi konsumsinya. Foto: Getty Images/iStockphoto

Orang Indonesia tampaknya tak bisa lepas dari gorengan. Banyak masakan yang diolah dengan cara digoreng. Bahkan, gorengan juga dijadikan camilan setiap harinya.

Penjual gorengan juga mudah sekali ditemui. Mereka menawarkan bakwan, tempe goreng, tahu isi, risol, dan lainnya. Nikmat sekali disantap selagi hangat bersama cabe rawit.

Sayangnya, makan gorengan terlalu banyak dan sering tak hanya akan meningkatkan konsumsi lemak dan kalori, tapi juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi dari waktu ke waktu.

"Makanan yang digoreng lebih tinggi lemaknya dibandingkan jika dimasak dengan cara lain. Makanan yang digoreng juga sering mengandung lemak trans, yang berbahaya bagi kesehatan jantung," kata Best.

Untuk menghindari minyak tambahan yang berlebihan, dianjurkan untuk menikmati makanan dengan olahan lain. Makanan rebus bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Makanan yang Dipanggang

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang patut dikurangi konsumsinya.Makanan penyebab kolesterol tinggi yang patut dikurangi konsumsinya. Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan yang dipanggang ada beragam jenisnya. Namun, cara mengolah menggunakan mentega dalam jumlah banyak yang akan meningkatkan kadar kolesterol.

Apalagi jika mentega dipadukan dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Seperti kue, roti, pizza, makanan serupa lainnya.

Best menjelaskan, "Bahan-bahan ini berisiko meningkatkan kolesterol terutama karena mengandung lemak dan karbohidrat olahannya. Jenis karbohidrat dapat meningkatkan trigliserida dalam darah dan menyebabkan peradangan dalam tubuh yang pada akhirnya meningkatkan risiko kerusakan arteri dan kemungkinan penumpukan kolesterol yang lebih besar. Makanan berlemak yang digunakan seperti mentega juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah."

Baca Juga: Resep Sup Jagung Manis dan Daging Asap yang Creamy untuk Makan Malam



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT